CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 7 Agustus 2015 16:00

Fenomena 'gelembung udara' di luar angkasa tertangkap teleskop ESO

European Southren Observatory atau ESO baru-baru ini merilis gambar yang menunjukkan fenomena unik di luar angkasa.

Fenomena 'gelembung udara' di luar angkasa tertangkap teleskop ESO

Techno.id - European Southren Observatory atau ESO baru-baru ini merilis gambar yang menunjukkan fenomena unik di luar angkasa. Pada gambar yang berhasil ditangkap oleh Large Telescope milik ESO yang terletak di sebelah utara Chille ini, nampak sebuah 'gelembung udara' melayang-layang jauh di luar sistem tata surya.

Seperti dilansir oleh Softpedia (7/8/15), fenomena 'gelembung udara' yang dijuluki Southern Own Nebula tersebut merupakan 'mayat' dari galaksi yang telah berusia tua. Galaksi yang telah sekarat tersebut secara alami bakal melebur dan menumpahkan lapisannya ke angkasa luar dan membentuk kumpulan gas bermacam-macam bentuk dan jenisnya.

Menurut tim peneliti, Southern Own Nebula memiliki bentuk bulatan yang cukup sempurna dibandingkan bentuk nebula lainnya sehingga saat diamati melalui teleskop seolah-olah memiliki bentuk layaknya gelembung udara. Diperkirakan diameter Southern Own Nebula ini memiliki diameter sekitar 4 tahun cahaya.

Lebih lanjut para peneliti ruang angkasa ESA mengungkapkan, meski Southern Own Nebula memiliki diameter bulatan yang hampir sempurna, nebula tersebut dipastikan memiliki ukuran 8 kali lebih kecil dari Matahari. Bahkan, pihak ESA memperkirakan nebula berbentuk 'gelembung udara' bakal mulai memudar dalam beberapa ribu tahun mendatang dan akhirnya lenyap tanpa jejak.

WHAT TO READ NEXT ?