CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 6 Januari 2016 23:32

Internet Explorer 8, 9, dan 10 resmi tutup usia

Pengguna yang masih menggunakan browser versi ini bakal dianjurkan untuk melakukan upgrade.

Internet Explorer 8, 9, dan 10 resmi tutup usia

Techno.id - Hari selasa (5/1/16), Microsoft resmi mengumumkan jika mereka sudah menonaktifkan Internet Explorer versi 8, 9, dan 10. Ini artinya, per awal Januari ini Microsoft tak akan lagi mendukung seri browser yang disebut-sebut sebagai malapetaka bagi sebagian besar web developer ini.

Dalam siaran resminya, pihak Microsoft mengungkapkan jika per 12 Januari nanti sebuah patch akan dirilis. Patch tersebut akan membuka jalan bagi pengguna Internet Explorer seri lama tersebut untuk melakukan upgrade ke browser modern.

Tak hanya itu, pihak Microsoft dilaporkan juga menambahkan Nag Box yang disebut akan muncul untuk Windows 7 dan Server 2008 R2. Dengan kehadiran Nag Box, disebutkan pengguna Windows 7 dan Server 2008 R2 masih bisa menggunakan browser seri lama tersebut tapi setelah menginstal pembaruan terlebih dahulu.

Kendati demikian pihak Microsoft mengingatkan jika diputusnya dukungan terhadap Internet Explorer seri 8, 9, dan 10 ini akan menyebabkan browser tak lagi aman. Pasalnya, browser tak akan lagi menerima update keamanan atau jenis lain dari patch.

Dengan dinonaktifkan Internet Explorer seri 8, 9, dan 10 ini maka tinggal Internet Explorer seri 11 yang bisa digunakan oleh pengguna di seluruh dunia. Pelan-pelan melalui langkah ini maka pengguna setia Internet Explorer bakal diarahkan untuk mulai menggunakan Microsoft Edge, browser yang sejatinya hanya dikhususkan untuk Windows 10.

WHAT TO READ NEXT ?