CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 29 Juli 2015 06:00

Google kenalkan sistem peringatan baru, inikah fitur dari Android M?

Ada kemungkinan fitur ini bakal ditemui di handset Nexus terbaru, yakni Huawei Angler dan LG Bullhead.

Google kenalkan sistem peringatan baru, inikah fitur dari Android M?

Techno.id - Iktikad Google untuk memberikan pengamanan yang ketat dan aman pada pengguna Android kembali terlihat. Dalam web Support.Google.com, kini terdapat laman yang mengabarkan adanya pengecekan terhadap OS saat handset Android dinyalakan. Di sana, ada tiga warning yang mungkin bakal Anda lihat dari layar gadget Anda. Mereka adalah:

1. "Your device has loaded a different operating system."
Kalau Anda melihat peringatan ini, tandanya di dalam perangkat Anda terdapat OS lain yang berbeda dari OS orisinal. Mungkin saja, Anda telah meng-install ROM dari pihak ketiga. Dalam kasus ini, Anda bisa tetap menggunakan ROM yang dianggap asing oleh Google itu atau meminta bantuan untuk melakukan re-install dan menggunakan software aslinya.

2. “Your device software can’t be checked for corruption. Please lock the bootloader.”
Warning berwarna oranye ini akan muncul setiap bootloader Anda dalam keadaan tak terkunci. Bootloader sendiri ialah proses boot yang terdapat di tiap sistem operasi.

Umumnya, bootloader berada dalam keadaan terkunci, sehingga user tidak dapat melakukan flash ROM, overlock, maupun rooting pada OS tersebut.

3. “Your device is corrupt. It can’t be trusted and may not work properly.”
Ini dia warning yang paling fatal akibatnya dan tentu tiap user tak berharap untuk melihatnya. Saat peringatan ini muncul, artinya handset Anda dalam keadaan tidak aman untuk digunakan dan mungkin saja ada file yang korup.

Akan tetapi kalau di kemudian hari Anda menemui pesan tersebut, jangan panik. Sebab, OS masih bisa digunakan, meski bukan tidak mungkin performa dari gadget Anda akan terpengaruh atau pengamanannya melonggar.

Sistem semacam ini memang belum pernah ditemui di handset mana pun. Namun, meski belum ada kejelasan kapan dan di mana sistem tersebut akan muncul, Google sudah memberikan sedikit petunjuk. Karena diunggah di laman Nexus Help, jadi ada kemungkinan kalau fitur itu bakal muncul di handset Nexus terbaru, yakni Huawei Angler dan LG Bullhead.

Yang masih menjadi pertanyaan besar kini, apakah fitur ini akan hadir bersamaan dengan kelahiran Android M? Bagaimana menurut Anda?

WHAT TO READ NEXT ?