CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 19 Februari 2016 16:00

Opera Max akan beri tahu konsumsi data aplikasi di latar belakang

Opera Max dapat memblokir aplikasi serta menghemat kuota internet.

Opera Max akan beri tahu konsumsi data aplikasi di latar belakang

Techno.id - Semakin banyak aplikasi yang Anda download, pastinya akan memberatkan kinerja pada smartphone. Apa lagi, jika semua aplikasi tersebut berjalan di latar belakang. Bisa jadi aplikasi-aplikasi tersebut akan menguras data Anda hingga habis. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi Android bernama Opera Max.

Aplikasi Opera Max akan berperan sebagai pemantau aplikasi yang berjalan di latar belakang. Anda juga akan diberi tahu aplikasi apa saja yang menguras data terlalu banyak. Bahkan, Anda bisa menetapkan batas penggunaan konsumsi data, jika aplikasi tersebut telah memakan data secara berlebihan.

Misalnya, salah satu aplikasi telah berjalan selama seminggu di latar belakang dan mengonsumsi data hingga lebih dari 10MB. Kalau batas yang ditetapkan adalah 10MB, maka Opera Max akan memberikan pemberitahuan bahwa aplikasi tersebut telah melebihi batas. Anda sebagai pemegang kendali, dapat langsung memblokir aplikasi tersebut agar tidak memakan data lebih banyak lagi.

Apabila Anda sudah tak sabar ingin merasakan layanan dari Opera Max. Anda bisa langsung mengunduhnya dari Google Play Store secara gratis. Sekadar info, aplikasi Opera Max masih kerabat dekat dengan browser Opera dan Opera Mini, seperti yang dikutip dari Engadget (19/2/2016).

WHAT TO READ NEXT ?