CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 19 Oktober 2015 11:00

Dropbox berikan layanan Paper untuk saingi Google Docs dan Evernote

Dropbox sudah bergerak di bidang layanan kolaborasi yang menghubungkan fitur penyimpan file dengan edit dokumen.

Dropbox berikan layanan Paper untuk saingi Google Docs dan Evernote

Techno.id - Sekarang, Dropbox telah bergerak dari layanan penyimpanan file ke layanan kolaborasi yang terfokus pada usaha kecil dan kreatif bernama Paper. Layanan tersebut akan menawarkan beberapa fungsi edit dokumen seperti Google Docs.

Awalnya, perusahaan ingin menamai layanan kolaborasi ini sebagai Notes, namun setelah memikirkan berbagai pertimbangan, akhirnya Dropbox memberikan nama Paper. Sesuai namanya, layanan ini akan menampilkan halaman kertas kosong yang dapat Anda bubuhi tulisan baru di dalamnya. Di sana, Anda juga bisa mengatur huruf, dan beberapa format edit dokumen sederhana.

Hal yang menarik dari Paper ialah fitur Attribution yang menjadikan beberapa pengguna dapat melihat sebuah dokumen, bahkan memberikan komentar atau emoji di samping kalimat, mirip fitur pada Google Docs. Selain dokumen, pengguna juga dapat memasukkan foto, video, dan suara ke dalam halaman tersebut, seperti yang disadur dari DigitalTrends (16/10/15).

Untuk saat ini, Anda dapat menggunakan Dropbox Paper dalam versi beta. Pasalnya, Dropbox akan mengembangkan lagi layanan Paper untuk mendapatkan kecepatan terbaik. Sayangnya, Dropbox hadir di urutan terakhir untuk layanan dokumen ini. Sehingga, Dropbox Paper harus berusaha lebih keras agar dapat menyaingi aplikasi serupa, seperti Slack, Evernote, Google Docs, dan OneDrive.

WHAT TO READ NEXT ?