Di India, Windows masih menjadi yang terfavorit

Di India, Windows masih menjadi yang terfavorit

Techno.id - Di segmen mobile, Windows saat ini boleh jadi tidak menduduki peringkat pertama. Namun ketika bicara di segmen desktop, sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini ternyata masih menduduki peringkat teratas, bahkan di level global.

Seperti dikutip dari Softpedia (02/07/2015), sebagai negara dengan jumlah penduduk terpadat kedua di dunia, Windows masih menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di India. Menariknya, jumlah pengguna Windows tersebut bahkan mencapai 92 persen.

Di India, Windows masih menjadi yang terfavorit

StatCounter sebagai situs yang melakukan perhitungan tersebut mengungkapkan, Windows 7 adalah versi yang paling populer dengan jumlah pengguna 57,73 persen. Sedangkan posisi kedua ditempati oleh sistem operasi legendaris yakni Windows XP dengan 19,51 persen.

Adapun peringkat selanjutnya yakni Windows 8.1 dengan 10,03 persen. Sementara Windows 8 menduduki posisi terakhir dengan angka 5,1 persen. Secara keseluruhan, Windows menguasai pangsa pasar di India sebesar 92,37 persen.

Sedangkan untuk pesaing utamanya, Mac OS X berada di peringkat kedua setelah Windows dengan raihan angka 1,94 persen. Sementara sisanya diisi oleh sistem operasi lainnya. Cukup ironis memang jika mengingat Mac OS X adalah sistem operasi yang cukup populer di kalangan pecinta gadget.

Kendati demikian, angka 92 persen tersebut diprediksi masih dapat meningkat lagi, terutama menjelang sistem operasi terbaru Microsoft Windows 10 akan dirilis dalam waktu dekat. Pasalnya, Windows 10 bersifat universal sehingga berpotensi untuk membuat banyak pelanggan beralih ke sistem operasi ini.

(brl/red)