CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 11 Maret 2016 11:00

Android N dilengkapi fitur Data Saver, apa itu?

Mengeluh karena harus tetap menyalakan background app untuk email kantor? Google punya solusi di Android N

Android N dilengkapi fitur Data Saver, apa itu?

Techno.id - Pada dasarnya, background app memiliki fungsi utama untuk membuat peluncuran aplikasi lebih efisien. Hanya saja, aplikasi yang terus berjalan di belakang layar bisa berdampak pada borosnya konsumsi data.

Sebuah kabar gembiranya, permasalahan ini ternyata sedang diselesaikan Google di sistem operasi terbarunya, Android N. Mengutip laman Android Central (10/03), solusi ini dikonversi ke dalam fitur bertajuk Data Saver.

 

Data Saver di Android N
© 2016 androidcentral.com/Android Central

Sesuai namanya, fungsi utama Data Saver adalah menyimpan data. Adapun data yang dimaksud di sini merupakan penggunaan bandwidth internet yang telah dihabiskan aplikasi saat berada di belakang layar atau tidak digunakan.

Data Saver sendiri merupakan opsi pengaturan cepat. Ada dua lokasi di mana pengguna dapat menemukan fitur ini. Pertama, melalui halaman Notifikasi (Notification Shade). Kedua, melalui halaman Pengaturan (Settings), lalu Data usage.

Yang membuatnya cukup menarik adalah ketersediaan opsi whitelist. Singkat kata, semua aplikasi yang tertulis dalam daftar ini bisa tetap memanfaatkan bandwidth internet ketika pengguna menonaktifkan via Data usage secara tidak sengaja.

WHAT TO READ NEXT ?