CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 13 Oktober 2015 17:42

Chatting di Line lebih aman dengan fitur Letter Sealing

Fitur keamanan Letter Sealing dapat mengacak konten isi percakapan sehingga tidak mungkin dilihat di server atau pihak ketiga.

Chatting di Line lebih aman dengan fitur Letter Sealing

Techno.id - Keamanan saat berselancar di dunia maya harus selalu diperhatikan. Jika tak berhati-hati, data-data penting Anda bisa diretas oleh hacker dan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik. Demi menghindari adanya hal-hal tak diinginkan, Line baru saja meluncurkan sebuah fitur keamanan baru bernama Letter Sealing.

Fitur proteksi ini dapat melindungi isi chatting para pengguna dari pihak-pihak yang tidak berwenang. Selain itu, Letter Sealing juga mendukung enkripsi sistem komunikasi yang lebih kuat yang dikenal sebagai enkripsi menyeluruh atau end-to-end encryption (E2EE). Hebatnya lagi, enkripsi tersebut sangat aman karena fitur ini dapat mengacak konten isi percakapan dengan sebuah kunci yang tersimpan di smartphone, bukan server pusat. Jadi, isi percakapan pengguna tak akan bisa diintip walau dari server sekalipun.

Enkripsi penuh dapat diterapkan manakala kedua pengguna sama-sama berada dalam sebuah percakapan yang menggunakan fitur Letter Sealing. Fitur keamanan di aplikasi Line (versi 5.3.0) ini akan langsung aktif untuk smartphone Android, sedangkan perangkat iOS dapat diaktifkan secara manual. Letter Sealing itu sendiri tak hanya bisa dinikmati oleh pengguna smartphone saja karena Line juga menghadirkannya di komputer Windows dan Mac OS X.

Dengan fitur Letter Sealing ini, Line menjadi penyedia aplikasi pesan pertama yang menawarkan tingkat keamanan begitu canggih pada seluruh model perangkat. Sebelumnya, Line juga mempunyai fitur keamanan yang tak kalah canggih, di antaranya fitur ‘hidden chat’, pembatasan waktu berbalas pesan (time limited feature), penguncian passcode menggunakan empat digit pin keamanan, dan Bug Bounty (fitur untuk menemukan celah keamanan sistem).

Berbagai fitur tadi menandai bahwa Line benar-benar peduli terhadap keamanan chatting penggunanya. Bahkan, sejak bulan Maret 2013, Line telah berkomitmen kuat untuk keamanan pengguna dan sudah diakui dengan diraihnya sertifikasi keamanan global oleh SOC2, SOC3, dan SysTrust.

WHAT TO READ NEXT ?