Beranjak naik, gadget ber-OS Android Lollipop sudah hampir 10 persen

Beranjak naik, gadget ber-OS Android Lollipop sudah hampir 10 persen

Techno.id - Sebagai varian paling mutakhir dari sistem operasi Android, Google menjanjikan banyak hal pada Lollipop. Beberapa peningkatan tersebut misalnya user interface (UI) yang makin cantik serta performa yang meningkat. Maka dari itu, tak heran jika smartphone dan tablet yang mengadopsi Android Lollipop pun terus bertambah.

Berdasarkan laporan distribusi perangkat Android pada awal Mei 2015, gadget yang menggunakan OS Lollipop memang belum menjadi mayoritas. Tercatat, persebaran gadget dengan Android versi 5 itu hanya mencapai 9,7 persen di seluruh dunia. Akan tetapi, perolehan ini sudah meningkat dibandingkan Maret lalu yang masih 5,4 persen.

Grafis berikut turut mengungkap OS Android yang paling banyak digunakan sejagat, yakni Kitkat, dengan persentase distribusi sebesar 39,8 persen. Sedangkan pengguna Jelly Bean, sebanyak 39,2 persen, menguntit di posisi kedua.

Beranjak naik, gadget ber-OS Android Lollipop sudah hampir 10 persen
Grafis gadget yang menggunakan OS Android 2015 developer.android.com

Sebenarnya, statistik ini tidak buruk-buruk amat. Pasalnya, jumlah perangkat seluler yang sudah mendukung OS ini di pasaran masih berkisar di angka seratusan. Program pembaruan OS yang dijanjikan beberapa vendor pun belum usai dan sedang berjalan. Oleh sebab itu, OS yang diluncurkan pertama kali pada Juni 2014 ini masih mempunyai kans besar untuk menjadi OS Android terpopuler sedunia.

(brl/red)