CONNECT WITH US
Erick |
 21 Januari 2016 11:00

Begini cara jalankan Android pada Mac OS

2 operating system ini sebenarnya berseberangan. Namun ternyata, keduanya bisa dijalankan dalam device yang sama.

Begini cara jalankan Android pada Mac OS

Techno.id - Nadroid dan Mac OS adalah 2 sisi yang berseberangan. Takkan mungkin menjalankan iOS atau Mac OS pada handset berbasis Android, dan begitu pun sebaliknya. Benarkah demikian?

Awal bulan Januari 2016 lalu, Jide.com meluncurkan Remix OS. Apa fungsinya? Seperti yang telah diberitakan oleh 9To5Mac pada hari Rabu (20/01/16), Remix OS adalah sebuah multi window desktop operating system yang dibangun berbasis Android.

OS ini memnungkinkan untuk menjalankan Android pada device berbasis Mac OS. Aplikasi Android yang diusungnya terletak di dalam sebuah pop-up menu, yang akan muncul ketika pengguna mengklik sebelah kiri bawah layar, sama seperti tombol Windows.

Permasalahan yang muncul adalah, Mac tak memiliki Google Play Store serta Google Play Service. Namun pengguna bisa mengunduh file APK dari aplikasi yang dicari serta menginstalnya di sana.

Karena dimensinya tak lagi portrait, pengguna bisa mengakses notifikasi dengan mengklik bagian kanan bawah layar. Setelah notifikasi muncul, Anda tetap bisa mengakses beberapa menu yang tersedia di sana termasuk Screenshot.

Uji coba jalankan Android di Mac OS
© 2016 9to5mac.com/9to5mac.com

Jika Anda adalah pengguna Android yang gemar membuka recent activity atau history window, tekan saja tombol F4, maka tampilan history window akan muncul dan pengguna bisa membuang aplikasi yang sedang tak dipakai atau mengaksesnya dari sana.

OS ini masih rilis dalam versi alpha, maka dari itu masih terdapat banyak bugs, lag, serta beberapa crash. Yang jelas, menggunakan OS ini akan sedikit memperlambat kinerja Mac Anda.

Sedikit tips, letakkan Remix OS pada flash drive yang dilengkapi USB 3.0 berkecapatan tinggi agar tak terjadi masalah. Untuk lebih jelasnya, simak saja video berikut ini...

 

WHAT TO READ NEXT ?