CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 16 April 2016 04:22

Aplikasi Smart VoLTE bikin smartphone nikmati teknologi VoLTE

Aplikasi Smart VoLTE bisa dipakai smartphone Android 4G umum, bukan hanya Andromax.

Aplikasi Smart VoLTE bikin smartphone nikmati teknologi VoLTE

Techno.id - Setelah diluncurkan secara komersial beberapa waktu lalu, Smartfren semakin gencar mendorong penggunaan layanan voice over LTE (VoLTE). Demi mempercepat penetrasi pengguna VoLTE, operator telekomunikasi itu menghadirkan aplikasi bernama Smart VoLTE.

"Aplikasi yang kami beri nama Smart VoLTE ini merupakan aplikasi komunikasi dengan basis teknologi VoLTE yang telah kami luncurkan pertama kali secara komersial di Indonesia beberapa waktu lalu," ujar Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren Telecom.

Roberto menyatakan kehadiran aplikasi ini bisa memperluas pasar pengguna layanan VoLTE. Sebab, aplikasi ini tidak hanya dibuat khusus bagi para pengguna smartphone 4G Andromax buatan Smartfren melainkan berbagai produk lain yang ada di pasaran.

"Smart VoLTE bisa dipakai smartphone Android 4G umum, bukan hanya Andromax. Aplikasi ini bisa diunduh di toko aplikasi Google Play Store untuk bisa menikmati cara baru berkomunikasi," papar Roberto di acara peluncuran aplikasi Smart VoLTE di Jakarta.

Aplikasi Smart VoLTE diklaim bakalan membuat pelanggan Smartfren dapat menikmati layanan VoLTE seperti voice/ video call, SMS, USSI, dan conference call di perangkat yang belum terinstal VoLTE. Soal kualitas, layanan VoLTE yang diakses lewat Smart VoLTE setara dengan perangkat native VoLTE.

Pengguna dapat menikmati video call dengan mulus melalui layanan VoLTE, bahkan dapat berganti mode menjadi voice dan berpindah lagi menjadi video call hanya dengan menyentuh menu yang tersedia, tanpa perlu memutuskan sambungan telepon.

Aplikasi Smart VoLTE mampu mempercepat proses panggilan hingga terhubung ke lawan bicara, hanya dalam hitungan detik. Berdasarkan komparasi, rata-rata call setup melalui VoLTE membutuhkan waktu sekitar 2-3 detik dibandingkan dengan melakukan panggilan suara secara konvensional yang membutuhkan setidaknya 8 detik.

Nah, supaya bisa ikuti menikmati layanan VoLTE yang disediakan secara komersial oleh Smartfren, perangkat yang digunakan harus mendukung Band 5 dan Band 40. Tak hanya itu, ponsel juga harus dilengkapi pengaturan LTE-only mode dan menggunakan kartu 4G dengan parameter VoLTE.

WHAT TO READ NEXT ?