CONNECT WITH US
Indah Pertiwi |
 16 September 2015 17:09

Aplikasi mobile sumbang pertumbuhan ekonomi indonesia

Ya, aplikasi di dalam smartphone yang Anda gunakan sehari-hari ternyata telah menyumbang pertumbuhan ekonomi Indonesia

Aplikasi mobile sumbang pertumbuhan ekonomi indonesia

Techno.id - Pertumbuhan ekonomi Indonesia dipengaruhi beberapa faktor. Salah satu aspek yang dimiliki potensi dalam membangun pertumbuhan ekonomi Indonesia yakni produksi aplikasi mobile yang terdapat dalam smartphone.

Michael Mendel, Chief Economic Strategist Progressive Policy Institute mengungkapkan banyak pihak yang salah dalam mengartikan keberadaan aplikasi mobile yang disamakan dengan media sosial ataupun game. Aplikasi mobile digunakan oleh perusahaan multinasional, perbankan, media, perusahaan retail maupun pemerintahan. Per Juli 2015, terdapat 1,6 juta aplikasi tersedia di Android dan 1,5 juta aplikasi di Apple's App Store.

Pengembangan aplikasi merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan pertumbuhan ekonomi yang baik bagi Indonesia. Meskipun belum menerapkan hal tersebut secara signifikan, namun Indonesia berada pada posisi ketiga dalam App Economy di Asia Tenggara setelah Vietnam dan Singapura.

Selain itu, menurut data dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) didapatkan bahwa data penetrasi internet mengalami pertumbuhan hingga 35 persen di tahun 2014. Penggunaan terbesar yakni interaksi sosial melalui mobile phone untuk mengakses internet. Interaksi antara pengguna dan smartphone menjadikan meningkatnya jumlah pengunduh aplikasi mobile.

Terbukanya peluang kerja melalui aplikasi juga turut membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Banyak perusahaan mencari kandidat untuk mengelola aplikasi yang dimiliki.

WHAT TO READ NEXT ?