Aplikasi iOS ternyata juga dinilai lebih rentan ketimbang Android

Aplikasi iOS ternyata juga dinilai lebih rentan ketimbang Android

Techno.id - Di beberapa survei dan penelitian sebelumnya, aplikasi Android sering dikatakan lebih rentan diretas ketimbang iOS. Namun ternyata tidak demikian ketika merujuk ke laporan terbaru dari vendor keamanan aplikasi mobile Checkmarx dan AppSec Labs.

Sebagaimana dikutip dari CSO (10/11), laporan tersebut mengatakan jika aplikasi iOS memiliki kerentanan parah hingga 40 persen. Sedangkan kerentanan serupa yang terdapat di aplikasi Android hanyalah sebesar 36 persen.

Dalam penelitiannya, mereka mengklaim telah mencoba ratusan aplikasi Android dan iOS dari beberapa kategori. Adapun kategori yang digunakan di antaranya seperti banking, utility, retail, gaming, dan security.

"Aplikasi banking seharusnya lebih aman daripada kategori lainnya. Namun, kami melihat bahwa tingkat keamanannya ternyata kurang lebih sama saja," ujar Product Marketing Manager Checkmarx, Amit Ashbel.

Dari penelitian tersebut, telah ditemukan bahwa sebanyak 27 persennya adalah kerentanan terhadap kebocoran informasi pribadi. Sementara itu, 23 persennya adalah kerentanan terhadap otentikasi dan otorisasi aplikasi.

Di bawah itu, sebesar 16 persen kerentanan berasal dari konfigurasi manajemen. Sedangkan sisanya adalah kerentanan terhadap availability, kelemahan kriptografi, kebocoran informasi teknis (seperti log aplikasi), sistem validasi, dan lain-lain.

(brl/red)