CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 11 Januari 2016 19:00

Aplikasi Facebook resmi hapus fitur sinkronisasi foto

Dinilai tak terlalu banyak digunakan, Facebook putuskan hapus fitur sinkronisasi foto

Aplikasi Facebook resmi hapus fitur sinkronisasi foto

Techno.id - Pada dasarnya, fitur sinkronisasi akan terasa sangat bermanfaat bagi pengguna yang suka menyimpan koleksi foto mereka di lebih dari satu tempat. Sayangnya, fitur ini memiliki dua kekurangan yang cukup signifikan.

Pertama, sinkronisasi dapat menghabiskan bandwidth data lebih banyak tanpa disadari oleh pengguna. Kedua, sinkronisasi tidak memiliki fitur penyaring (filter), sehingga cenderung sulit dalam memilah-milah foto.

Sementara itu, Facebook merupakan salah satu aplikasi yang sudah mulai menerapkan fitur sinkronisasi sejak 2012 silam. Kabar gembiranya, fitur sinkronisasi (auto-upload) di aplikasi Facebook kini resmi dihilangkan.

"Sinkronisasi Facebook telah diluncurkan sejak tahun 2012 silam. Namun pengguna aplikasi Facebook ternyata masih lebih sering mengunggah foto melalui komputer," ujar juru bicara Facebook kepada TechCrunch (11/01).

Kendati secara harfiah telah dihapus, sang juru bicara menambahkan bahwa Facebook menghadirkan dua alternatif baru untuk mengembalikan gambar yang telah hilang, yakni melalui aplikasi Facebook Moments atau mengunduh secara manual.

"Pengguna yang sudah menggunakan Sinkronisasi Facebook dapat menggunakan aplikasi baru kami Facebook Moments, di mana mereka dapat melihat, mengunduh, atau bahkan menghapusnya," terang juru bicara Facebook.

"Jika mereka tak ingin mengunduh aplikasi, maka mereka juga dapat mengunduh foto sinkronisasi mereka melalui komputer dengan format zip, atau menghapusnya secara manual melalui profil Facebook mereka," imbuhnya.

WHAT TO READ NEXT ?