CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 1 Januari 2016 21:00

Apakah pembaruan Android 6.0.1 menyedot daya tahan baterai?

Sebanyak 125 orang mengatakan bahwa pembaruan Android 6.0.1 menjadikan baterai smartphone mereka lebih buruk dari sebelumnya.

Apakah pembaruan Android 6.0.1 menyedot daya tahan baterai?

Techno.id - Pertanyaan tentang terkurasnya baterai akibat pembaruan Android 6.0.1 mungkin telah menghantui Anda. Harapan yang tadinya indah mengenai peningkatan kemampuan smartphone menjadi berbalik 180 derajat. Hal ini juga dikatakan sendiri oleh sebagian pengguna yang sudah merasakan nikmatnya Android 6.

Salah satu media bernama PocketNow (31/12/2015) telah menggelar survei untuk mengetahui apakah pembaruan Android 6.0.1 membuat baterai menjadi mudah habis? Hasilnya sesuai dengan dugaan. Meski survei itu belum ditutup, tapi dari hasil yang sudah ada dapat dilihat bahwa sebagian besar pengguna Android 6 merasa daya tahan baterainya sungguh memprihatinkan.

Survei yang telah menggaet 367 responden itu diketahui sebanyak 125 orang atau 34 persen mengatakan bahwa pembaruan Android 6.0.1 menjadikan baterainya lebih buruk dari sebelumnya. Sementara 99 orang lainnya atau 27 persen mengatakan bahwa pembaruannya tidak menjadikan kemampuan baterai smartphone menurun.

Lalu, sebanyak 76 orang atau 21 persen mengatakan belum mendapat pembaruan Android 6 dan 67 orang lainnya justru sedang berharap agar smartphone mereka segera mendapat update Android 6.0.1.

Di sisi lain, seharusnya pembaruan Android 6 itu memberikan peningkatan kemampuan penyimpanan baterai. Pasalnya, Android 6 memiliki fitur Doze Mode yang menjadikan smartphone dapat 'tertidur' ketika tidak dinyalakan. Artinya, selama layar smartphone mati, maka layanan apapun termasuk internet dan aplikasi lainnya akan dibuat berhenti (sementara) oleh sistem.

WHAT TO READ NEXT ?