CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 13 Maret 2016 18:00

Android N juga bisa drag and drop teks layaknya desktop

Copy dan paste pada smartphone memang tak semudah desktop. Namun bagaimana dengan drag and drop?

Android N juga bisa drag and drop teks layaknya desktop

Techno.id - Secara tiba-tiba, Google baru saja merilis sistem operasi terbarunya bertajuk Android N. Meski masih dalam tahap percobaan (Developer Preview), sejumlah fitur baru yang diusung Android N ternyata cukup menarik.

Sebelumnya, tim Techno.id sempat mengulas mode multi-tasking dan Data Saver. Selain itu, salah satu fitur lain Android N yang tak kalah menarik adalah kemampuan untuk memindahkan teks antar aplikasi.

Mengutip laman Android Police (11/03), nama fitur ini adalah multi-window. Sementara memindahkan teks yang dimaksud dapat diibaratkan seperti sedang melakukan proses drag-and-drop di perangkat desktop.

Fitur multi-window pada Android N saat coba memindahkan teks "Enter the Arena!"
© 2016 Android Police

Multi-windows sendiri pada dasarnya dirancang untuk menjalankan beberapa aplikasi secara berdampingan. Dari sini, segala tulisan di semua aplikasi yang berada di bawah kendali multi-window dapat ditukar satu sama lain.

Sebagai contoh, sebut saja salah seorang pengguna Android N sedang membuka aplikasi peramban dan email client. Dengan multi-window, pengguna itu dapat menulis email yang isinya merupakan hasil menggeser teks dari peramban.

Fitur semacam multi-window sendiri sebenarnya sudah pernah dipopulerkan oleh Samsung. Sayangnya, fitur ini hanya bisa dinikmati oleh pemilik handset Samsung. Namun dengan Android N, berarti fitur ini berlaku bagi semua pemilik Android.

Fitur semacam multi-window sendiri sebenarnya sudah pernah dipopulerkan Samsung. Sayangnya, fitur mereka terbatas hanya untuk handset Samsung. Namun dengan Android N, berarti fitur ini berlaku bagi semua pemilik Android.

WHAT TO READ NEXT ?