Bosan bergantung pada Samsung, Apple dirikan pabrik layar sendiri

Bosan bergantung pada Samsung, Apple dirikan pabrik layar sendiri

Techno.id - Niatan Apple untuk menjadi raksasa teknologi yang mandiri sudah bulat. Buktinya, dari laporan Bloomberg.com (15/12/15), vendor asal Cupertino itu diketahui telah membuka laboratorium produksi anyar di Taiwan. Dari pengakuannarasumber terpercaya, pabrik itu bakal digunakan untuk mengembangkan teknologi layar untuk gadget buatan Apple.

Tak mau menunggu terlalu lama, lab yang akan dihuni oleh sekitar 50 teknisi tersebut dicanangkanmulai beroperasitahun ini juga. Di sana,Apple dirumorkan akan membuat LCD yang lebih canggih dengan sifatnya yang lebih tipis, terang, dan hemat energi. Namun, tak menutup kemungkinan juga Apple bakal memproduksi layar OLED yang lebih tipis dari LCD dan tidak membutuhkan backlight.

Selama ini, Apple begitu bergantung pada perusahaan lain untuk mendapat suplai teknologi tersebut, misalnya dari Samsung Electronics Co. dan LG Display Co.Dengan membuat perusahaan in-house ini, Apple pun bisamenghemat belanja rutinnya itu.

Namun, mungkin pemutusan kerja sama antara Apple dan Samsung tak akan berlangsung dalam waktu dekat. Pasalnya, perusahaan berlogo apel tergigit itu sebelumnya dilaporkan kepincut dengan layar OLED berukuran kecil milik Samsung. Layar OLED itu pun diisukan bakal menjadi layar iPhone yang rilis pada 2018 mendatang.

Narasumber tersebut juga mengaku kalau kabar ini memang belum resmi. Apple pun belum membeberkan detail apa pun terkait proyek ini ke publik.

(brl/red)