Akuisisi terhadap Sharp ditunda karena tagihan mengagetkan ini

Akuisisi terhadap Sharp ditunda karena tagihan mengagetkan ini

Techno.id - Beberapa jam yang lalu, Sharp dikatakan siap menerima pinangan akuisisi Foxconn. Perusahaan asal Taiwan itu menawar Sharp dengan mahar Rp84 triliun.

Akan tetapi, proses akuisisi ini ternyata sedang terhambat. Seperti dilansir oleh Reuters (25/02/16), Foxconn memutuskan untuk menunda dulu deal ini pasca Sharp menyodorkan daftar sekitar 100 kewajiban kontinjensi (contingent liabilities) dengan taksiran senilai Rp41,5 triliun. Alhasil, karena tagihan ini Foxconn harus merogoh kocek lebih dalam sekitar setengah dari yang sudah mereka ajukan.

Belum ada tanggapan resmi dari kedua belah pihak terkait halangan dalam akuisisi ini. Brangkali, perkembangannya baru bisa diketahui dalam beberapa jam mendatang.

Foxconn sendiri saat ini masih menjadi salah satu supplier utama bagi produk Apple Inc. Akuisisi Sharp dinilai dapat menguntungkan Foxconn untuk berkompetisi dengan produsen layar lainnya. Sedangkan Sharp belakangan sedang terseok-seok karena investasi jor-joran mereka untuk teknologi LCD tidak terlalu menguntungkan dan gagal bersaing dari segi harga dari produk vendor lain.

Jikalau takeover ini akan terlaksana, maka sejarah segera tergores pula. Foxconn bakal tercatat sebagai perusahaan asing yang mengakuisisi salah satu perusahaan terbesar dan tertua di Jepang.

(brl/red)