iOS 9 diklaim 'anti' jailbreak

iOS 9 diklaim 'anti' jailbreak

Techno.id - Sistem operasi terbaru Apple yang nantinya diprediksi kuat bakal dinamai iOS 9 dikabarkan bakal 'anti' terhadap jailbreak. Hal ini disampaikan langsung oleh artikel yang diterbitkan situs Ubergizmo (24/05/2015).

Dalam artikelnya, Apple dikabarkan tengah mengembangkan sebuah sistem keamanan baru yang rencananya akan disertakan di iOS dan Mac versi terbaru. Sistem keamanan ini disebut sebagai "Rootless".

Selain proses jailbreak, sistem Rootless juga dikatakan dapat melindungi kedua jenis perangkat tersebut (iOS dan Mac) dari segala program jahat atau malware. Kendati begitu, masih belum diketahui secara pasti bagaimana cara kerja dari Rootless.

Proses jailbreak sendiri kabarnya sudah jarang terjadi sejak iOS 8 diluncurkan karena Apple dikabarkan sudah berhasil menutup beberapa celah keamanan yang biasanya dimanfaatkan untuk proses jailbreak.

Sekadar informasi bahwa jailbreak memang dianggap legal oleh pemerintah AS. Kendati begitu, jailbreak tidak disetujui oleh Apple terutama untuk produk-produknya. Jailbreak memang membuat iOS dapat menikmati aplikasi dari pihak ketiga dan beberapa fitur lainnya. Namun, Apple menganggap hal tersebut berbahaya bagi konsumen.

(brl/red)