CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 25 Mei 2015 12:00

iOS 9 akan dioptimalkan hingga iPhone 4s

Sistem operasi iOS 9 diprediksi akan menjadi software update pertama Apple yang akan mendukung semua generasi iPhone

iOS 9 akan dioptimalkan hingga iPhone 4s

Techno.id - Masih cukup segar di ingatan bahwa sistem operasi iOS 7 dirilis (dan dioptimalkan) dalam waktu yang berdekatan dengan peluncuran iPhone 5 (2012). Sedangkan iOS 8 juga dirilis dan dioptimalkan dalam waktu yang berdekatan dengan peluncuran iPhone 6 (2015).

Kendati pada akhirnya juga dioptimalkan (meskipun tak sempurna), iPhone 4s sempat dijadikan 'anak tiri' di iOS 7 dan iOS 8. Penyebabnya sederhana, kedua versi iOS ini memang pada dasarnya tidak dioptimalkan karena alasan spesifikasi yang tak mumpuni.

Acara The Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2015 memang masih akan digelar dalam beberapa minggu ke depan, yakni 8-12 Juni mendatang. Namun rincian mengenai sistem operasi terbaru yang kemungkinan besar akan dinamai sebagai iOS 9 sudah mulai kencang berhembus.

Seperti dikutip ArsTechnica.com (23/05/2015), Apple dikabarkan tengah berencana untuk membuat sistem operasi terbarunya ini akan mendukung seluruh produk-produk lamanya. Produk lama tersebut mencakup original iPad Mini, iPod 5th generation, Apple TV 3rd generation, dan termasuk iPhone 4s.

Jika rencana tersebut memang akan direalisasikan, maka iOS 9 akan menjadi software update pertama Apple yang mendukung segala model iPhone (bahkan yang telah diproduksi sejak 2010). Hal ini karena tren Apple untuk update terbaru iOS biasanya hanya mencakup empat generasi iPhone dalam satu waktu.

Daftar apa saja pembaruan yang dilakukan di iOS 9 masih menjadi misteri hingga kini. Kendati begitu iOS 9 diperkirakan akan melakukan perbaikan dari sektor security updates, API changes, ukuran sistem operasi yang lebih kecil, peningkatan jaringan Wi-Fi, serta iCloud Drive yang akan menjadi first-party application.

WHAT TO READ NEXT ?