Gelombang suara ternyata bisa dipakai untuk kendalikan sel otak?

Gelombang suara ternyata bisa dipakai untuk kendalikan sel otak?

Techno.id - Banyak penelitian yang sedang dikembangkan terkait pengendalian sel otak. Di masa yang akan datang, para ilmuwan tak perlu lagi menggunakan headset berbentuk aneh untuk mengendalikan sel-sel otak.

Seperti yang telah diberitakan oleh Engadget pada hari Rabu (16/09/15) lalu, sebuah metode baru telah ditemukan untuk mengendalikan sel-sel otak. Meski belum diuji coba pada manusia, namun metode baru ini masih akan dikembangkan lebih lanjut.

Gelombang suara ternyata bisa dipakai untuk kendalikan sel otak?

Para ilmuwan di Salk Institute telah menemukan bahwa mereka sanggup mengendalikan sel otak yang terdapat pada seekor cacing hanya dengan menggunakan gelombang suara. Sel otak yang terdapat pada cacing kecil tersebut dikendalikan dengan suara ultrasonik.

Eksperimen yang mereka lakukan telah membuktikan bahwa pergerakan cacing bisa diubah ketika gelombang suara ultrasonik ditembakkan padanya. Mereka juga menambahkan bahwa cara ini bisa diterapkan untuk mahluk yang berukuran lebih besar.

Meski demikian, para ilmuwan tersebut belum menguji metode ini pada mamalia kecuali tikus. Mereka mengatakan, jika hal ini tak berpengaruh pada manusia, setidaknya bisa digunakan lebih lanjut untuk terapi pengobatan penyakit.

(brl/red)