XL jajal 'halo-halo' pakai teknologi VoLTE di luar ruangan

XL jajal 'halo-halo' pakai teknologi VoLTE di luar ruangan

Techno.id - Setelah dikembangkan dan diuji coba di dalam laboratorium, layanan VoLTE (Voice Over LTE) dan RCS (Rich Communication Suite) milik XL Axiata siap dijajal di luar ruangan secara live. XL menggelar uji coba kedua layanan komunikasi yang akan melengkapi ekosistem 4G LTE tersebut di Surabaya dan Denpasar.

VoLTE merupakan layanan komunikasi percakapan atau telepon melalui jaringan data LTE, sedangkan RCS merupakan layanan komunikasi yang diperkaya dan lebih lengkap di atas sambungan internet. Uji coba dilakukan secara bersamaan dengan melakukan sambungan percakapan antar dua lokasi yakni Surabaya dan Denpasar.

"Uji coba yang kami lakukan ini didasari pertimbangan keinginan kami untuk mampu memberikan layanan panggilan voice dan video yang superior kepada pelanggan. Sangat perlu bagi XL untuk juga menghadirkan layanan VoLTE ini seiring upaya kami untuk terus melengkapi ekosistem layanan XL 4G LTE," kata Nicanor V. Santiago III, Chief Brand & Customer Experience XL.

Pria yang biasa disapa Nicky itu melanjutkan, XL benar-benar telah menyiapkannya secara saksama melalui uji coba yang terus menerus untuk memastikan kualitasnya. Hasilnya sangat baik, dan akan terus dikembangkan untuk penambahan fitur-fitur lainnya.

"Jadi pada dasarnya jika sewaktu-waktu akan diluncurkan, XL sudah siap. Kami juga mengupayakan kesiapan dari sisi handset di market yang memiliki fitur untuk menggunakan VoLTE," jelas Nicky memaparkan kualitas teknologi baru yang akan disediakan dalam rangkaian layanannya itu.

Manfaat yang ditawarkan oleh VoLTE dibandingkan layanan voice lainnya yang ada pada saat ini antara lain adalah kualitas suara yang sangat jernih HD voice, hemat daya baterai ponsel, juga talktime menggunakan VoLTE lebih lama sekitar 1.5 kali dibandingkan aplikasi VoIP yang lainnya. Secara teknis, pada VoLTE, call set-up juga sangat singkat yang hanya perlu 1-2 detik. Sementara itu, pada umumnya layanan telepon lainnya rata-rata membutuhkan 5-6 detik.

Apabila saat pelanggan melakukan panggilan di jaringan LTE (VoLTE) dan kemudian moving (pindah) ke area yang belum mendapatkan jaringan LTE, VoLTE juga memungkinkan pelanggan untuk berpindah dari LTE ke non-LTE atau pun sebaliknya, tanpa terputus. Teknologi VoLTE ini sangat dibutuhkan ke depannya, terutama jika jaringan LTE sudah semakin meluas dan merata.

"XL percaya, di masa mendatang pelanggan akan sangat tertarik menggunakan VoLTE dibandingkan aplikasi VoIP yang sudah ada. Semua operator yang sudah menggelar LTE, dan terus memperluas jaringan LTE-nya, ke depannya juga akan beralih ke VoLTE untuk layanan voice-nya, karena bagaimana pun juga, voice merupakan layanan yang tidak mungkin di tinggalkan," tandas Nicky.

Bersamaan dengan dengan uji coba VoLTE, XL juga telah mengembangkan aplikasi RCS (Rich Communication Suite) sejak tahun lalu. Aplikasi RCS merupakan layanan komunikasi yang diperkaya dan lebih lengkap, yang beroperasi pada sambungan internet, tanpa tergantung apakah sambungan internet tersebut menggunakan LTE, UMTS, GSM, atau pun WiFi. RCS menggunakan ID nomor telepon seperti halnya pelanggan ponsel seperti biasanya, sehingga tidak memerlukan ID atau nomor telepon baru.

Serupa namun tak sama dengan Layanan VoLTE, aplikasi RCS merupakan layanan komunikasi berbasis internet yang memadukan ragam fitur, antara lain seperti messaging, chating, voice call, dan video call dalam satu aplikasi yang mudah digunakan. Bisa disebut RCS sebagai pelengkap dari VoLTE. Dengan hadirnya kedua teknologi ini, XL berharap dapat terus memberikan layanan panggilan voice dan video yang sangat superior dan lebih kepada pelanggan, dan memberikan pengalaman yang lebih baik dalam pemanfaatan jaringan LTE.

XL jajal 'halo-halo' pakai teknologi VoLTE di luar ruangan

VP XL East Desy Sari Dewi di Surabaya melakukan ujicoba layanan video call dengan GM Sales East2 Dodyk Supriyono (di monitor/screen) melalui aplikasi RCS secara live dari Surabaya ke Denpasar, Jumat (5/2)
2016 techno.id/Denny Mahardy

(brl/red)