CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 18 April 2015 17:00

XL dan Telkomsel adu jaringan di KAA 2015

Duo operator seluler Indonesia, XL dan Telkomsel nyatakan siap dukung kelancaran perhelatan KAA 2015.

XL dan Telkomsel adu jaringan di KAA 2015

Techno.id - Perhelatan akbar Konferensi Asia Afrika atau KAA 2015 tinggal menghitung jam. Besok (19/4/15), konferensi yang memasuki tahun ke-60 itu akan mulai dibuka. Berbagai persiapan dilakukan agar acara yang dihadiri oleh perwakilan negara-negara se Asia dan Afrika tersebut sukses. Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh dua operator seluler PT XL Axiata Tbk dan PT Telkomsel.

Dikutip dari Antara (18/4/15), dua operator raksasa Tanah Air tersebut mengklaim siap menyambut gelaran KAA 2015 dengan memberikan layanan dan solusi jaringan yang terintegrasi. XL, melalui Direktur Service Management, Ongki Kurniawan menjelaskan, pihaknya telah melakukan optimisasi jaringan di area sekitar JCC, gedung Merdeka Bandung, bandara, sepanjang jalan Sudirman-Thamrin, hotel tempat menginap tamu negara, termasuk Istana Negara.

Menurut Ongki, secara kualitas jaringan di area-area tersebut sudah mengalami peningkatan untuk semua layanan baik percakapan, SMS, maupun data. Meski demikian, XL tetap melakukan optimisasi layanan 3G, selain deployment 4G LTE dan Dual Carrier HSPA. Jumlah total BTS 4G XL yang disiapkan mendukung gelaran KAA di Jakarta sekitar 50 unit BTS. Sementara di Bandung sebanyak 65 BTS selain di lokasi KAA, Gedung Merdeka dan area sekitarnya, juga digelar di area Djuanda, Merdeka, Pasteur, Braga, Pasir Kaliki, ITB, Bandara Husein, Antapani dan Setiabudi.

Begitu juga dengan Telkomsel yang mengklaim bahwa pihaknya telah menyiapkan hingga 11.000 unit BTS serta 165 unit COMBAT (Mobile BTS). Direktur Utama Telkomsel, Ririek Ardiansyah menjelaskan, pihaknya telah mengalokasikan sebanyak 13 unit Combat yang ditempatkan di sekitar JCC dan Gedung Merdeka. Selain itu, disediakan pula 511 titik akses WiFi di lokasi-lokasi yang strategis, sehingga mudah di akses oleh tamu KAA maupun media yang sedang meliputi penyelenggaraan KAA 2015.

Dalam perhelatan ini Telkomsel hadir dengan 3000 uSIM (kartu perdana 4G LTE) Edisi 60 Tahun Peringatan KAA yang diberikan kepada para delegasi, media, dan peserta KAA di Jakarta dan Bandung, serta "Smart City Summit" (Bandung). Keuntungan yang bisa didapat melalui kartu ini berupa 60 menit International Call (ke lebih dari 50 negara), 60 International SMS (ke lebih dari 50 negara), dan 4 GB data. Kartu perdana uSIM 4G LTE edisi peringatan KAA ini dapat digunakan selama 30 hari.

Para delegasi dan media luar negeri yang menggunakan layanan 4G saat ini dapat menikmati layanan Roaming Telkomsel 4G LTE, karena saat ini Telkomsel pun telah menjalin kerja sama international roaming dengan 14 negara yaitu Singapura, Malaysia, Hong Kong, Australia, Taiwan, Saudi Arabia, Korea Selatan, Jerman, Inggris, Spanyol, Irlandia, Italia, Belanda, dan Portugal.

WHAT TO READ NEXT ?