Telkom, satu-satunya operator yang mendukung Konferensi Asia Afrika

Telkom, satu-satunya operator yang mendukung Konferensi Asia Afrika

Techno.id - Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 akan dihelat pada 19-24 April 2015 di Indonesia. Pada acara tersebut akan dihadiri sekitar 109 kepala negara dari Asia maupun Afrika. Acara yang begitu bergengsi ini nampaknya telah memicu operator besar seperti Telkom untuk ambil bagian dalam mendukung kesuksesan KAA .

Muhammad Awaluddin selaku Direktur Enterprise & Business Service mengatakan bahwa dalam ajang ini PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk telah menyediakan kebutuhan bandwidth hingga 20Gbps akses internet. Jumlah bandwidth yang cukup besar tersebut hanya dioperasikan 10Gbps dan sisanya untuk back up, seperti disadur dari Merdeka (16/04/2015).

Kali ini, KAA akan mengangkat tema 'Advancing South-South Corporation'. Untuk mendukung kesuksesan gelaran tersebut Telkom juga menghadirkan WiFi sebanyak 500 access point yang tersebar di seluruh venue, di antaranya Gedung Merdeka, Hotel Savoy Homann, Gedung Majestic, dan Hotel Preanger.

Butuh dua bulan lamanya untuk mempersiapkan acara yang spesial ini. Namun, menurut pengakuan Abdus Somad Arief, Direktur Jaringan Telkom, dirinya tidak menyiapkan anggaran khusus untuk persiapan Konferensi Asia Afrika ini.

"Tidak ada alokasi capex untuk KAA, kita hanya akan mengoptimalkan 170.000 access point, namun ini kurang 50.000 access point lagi yang belum kita ekspan," katanya.

(brl/red)