Telkomsel pastikan 4G tak ganggu layanan suara dan SMS

Telkomsel pastikan 4G tak ganggu layanan suara dan SMS

Techno.id - Operator telekomunikasi di Indonesia sedang bersiap-siap menggelar layanan berbasis teknologi 4G LTE (long term evolution) bagi pelanggannya. Salah satunya adalah perusahaan komunikasi Indonesia yakni Telkomsel, pihak Telkomsel mengakui jika sudah siap menggelar layanan internet cepat tersebut memakai frekuensi 1800 Mhz yang sebelumnya dipakai untuk layanan 2G ketika gong peresmian dibunyikan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Rencananya, Menkominfo Rudiantara bakalan meresmikan penyediaan layanan 4G LTE di Indonesia mulai 6 Juli mendatang. Menanggapi kesiapan operator telekomunikasi yang akan mulai menyediakan layanan komunikasi berbasis data tersebut muncul kekhawatiran akan menurunnya kualitas layanan suara dan SMS.

Telkomsel pastikan 4G tak ganggu layanan suara dan SMS

Ririek Adriansyah sebagai Presiden Direktur Telkomsel mengklaim tidak akan ada penurunan di kualitas suara dan SMS yang dirasakan pelanggan ketika 4G LTE digelar secara luas. Alokasi frekuensi yang dipakai untuk layanan data 4G dengan voice dan SMS kan berbeda. Jadi tidak akan ada pengaruh berupa penurunan kualitas di antara kedua layanan tersebut nantinya yang dirasakan pelanggan, kata Ririek.

Sukardi Silalahi yang menjabat Direktur Jaringan Telkomsel pun menambahkan bahwa layanan suara dan SMS masih akan menjadi salah satu fokus utama perusahaannya ketika 4G sudah hadir. Bahkan, ia berharap layanan seluler yang disediakannya bisa berintegrasi dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang makin bervariasi.

Penggunaan spektrum untuk layanan kan berbeda-beda alokasinya supaya tiap jenis layanan bisa ditangani secara optimal. Walaupun menjadikan layanan data sebagai fokus nantinya Telkomsel masih akan menjadikan layanan suara dan SMS di fokus perusahaan karena pendapatan perusahaan masih dari dua jenis layanan tersebut, ungkap Suryadi di acara Media Update dan Buka Bersama Telkomsel di Jakarta.

Sekedar informasi, semua operator seluler di Indonesia akan secara serentak menggelar layanan 4G LTE menggunakan frekuensi 1800 Mhz pada tanggal 6 Juli mendatang. Tiap operator telah memilih masing-masing kota yang akan dijadikan lokasi pertama gelaran 4G secara komersialnya, Telkomsel di Makassar, Indosat di Balikpapan dan XL Axiata di Lombok.

(brl/red)