Telkomsel hari ini luncurkan produk baru bernama T-Drive

Telkomsel hari ini luncurkan produk baru bernama T-Drive

Techno.id - Telkomsel hari ini meluncurkan produk baru yang dinamai T-Drive. Adapun T-Drive sendiri merupakan sebuah alat kecil yang menyerupai USB yang disebut dengan OBD (On Board Diagnostic) yang dapat dipasangkan secara 'Plug and Go', yakni proses instalasi yang dapat dilakukan secara otomatis di semua mobil berteknologi injeksi.

Telkomsel hari ini luncurkan produk baru bernama T-Drive

Seperti dikutip dari blog resmi Telkomsel (01/07/2015), T-Drive memiliki fungsi utama sebagai Intelligent Driving Assistant, yakni 'asisten' berkendara cerdas yang dapat mengumpulkan dan menganalisis data saat seseorang berkendara. Telkomsel mengklaim, teknologi T-Drive mampu menghimpun berbagai informasi dari mobil yang kemudian diolah menjadi fitur yang beragam.

Adapun beragam fitur tersebut di antaranya seperti dapat mengetahui lokasi kendaraan saat berjalan dan parkir, mengevaluasi perilaku pengemudi, memberi notifikasi jadwal servis berkala, memberi informasi diagnosa mesin dan status baterai atau aki, hingga membantu menghemat bahan bakar.

Nantinya, data-data tersebut akan dikumpulkan lalu dikirimkan ke layanan cloud Telkomsel yang kemudian dapat diakses oleh pengguna melalui aplikasi T-Drive. Tentu saja, username dan password melalui website maupun aplikasi T-Drive yang telah terpasang di perangkat Android atau iOS adalah syarat utamanya.

Berdasarkan informasi yang didapat dari situs resmi Telkomsel, transmisi data otomatis antar perangkat mekanik dan elektronik seperti T-Drive ini disebut dengan M2M (Machine to Machine). Sedangkan Telkomsel sendiri telah mengembangkan teknologi M2M sejak beberapa tahun yang lalu.

(brl/red)