Telkomsel gerak cepat hadirkan layanan 4G di Manado

Telkomsel gerak cepat hadirkan layanan 4G di Manado

echno.id - Provider terbesar di Indonesia, Telkomsel, berencana mempercepat pengadaan layanan 4G di Kota Manado, Sulawesi Utara. Menurut Hendro Tri Cahyono, General Manager Telkomsel Sales Regional Sulawesi, bulan Juli nanti diperkirakan layanan tersebut bakal dipatenkan di wilayah Nyiur Melambai tersebut.

Hendro mengatakan, dalam rangka HUT ke-20 Telkomsel, pihaknya berencana akan menambah layanan terutama menghadirkan layanan 4G di seluruh wilayah Indonesia, terkhusus di wilayah Indonesia Timur.

"Manado mudah-mudahan (layanan 4G) secepatnya, kita tinggal menunggu antara Manado atau Makasar yang duluan atau bersamaan. Ya, diperkirakan Juli mendatang sudah berjalan," kata Hendro seperti dilansir oleh Antara (31/5/15).

Lebih lanjut, Hendro menjelaskan, sedikit terlambatnya layanan 4G hadir di Kota Manado karena proses pengadaannya yang bertahap. Menurutnya, saat ini frekuensi 4G di wilayah tersebut sedang diperbaharui dan menunggu giliran perbaikan yang saat ini sedang menyambangi Makasar dan Maluku Utara.

Selain mempercepat pengadaan jaringan 4G, Hendro mengungkapkan bahwa Telkomsel juga sedang melakukan perbaikan broadband untuk memperluas jaringan 3G-nya. "Kami akan membangun 150 BTS untuk jaringan 3G dengan kecepatan 5 hingga 10Mbps," jelas Hendro.

Branch Manager Telkomsel Manado, Royke Sumual menambahkan, jaringan Telkomsel setiap tahunnya mengalami perkembangan yang pesat, karena pihaknya selalu memperbaiki jaringan.

"Memang diakui masih ada gangguan, penyebabnya karena fiber optik yang kita punya di darat, banyak yang terputus karena terkena excavator," jelasnya.

Kendati demikian, Telkomsel terus berusaha memperbaiki dan memback up layanan jaringannya. Bahkan, Telkomsel yakin ke depannya Broadband bakal lancar dan jauh dari gangguan.

(brl/red)