Sambut "Tambora Menyapa Dunia", XL perkuat jaringan di Sumbawa

Sambut "Tambora Menyapa Dunia", XL perkuat jaringan di Sumbawa

Techno.id - Pada 11 April mendatang, pulau Sumbawa akan disibukkan dengan puncak rangkaian event pariwisata "Tambora Menyapa Dunia". Oleh karena itu, XL sebagai salah satu vendor jaringan telekomunikasi terbesar di Indonesia berkomitmen untuk mendukung event pariwisata rakyat Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut dengan memperkuat layanan jaringan, salah satunya di kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, NTB.

Dilaporkan oleh Merdeka (8/4/15), pihak XL memang telah mengikat kerja sama dengan pemain dunia pariwisata NTB untuk mempromosikan pariwisata terhitung mulai akhir Februari 2015 lalu, antara lain dengan menyediakan layanan digital untuk promosi. VP East Region Xl, Desy Sari Dewi mengatakan, jaringan XL di Sumbawa bukan saja telah diperluas, tetapi juga telah ditingkatkan kualitasnya. Oleh karena itu, modernisasi jaringan di Sumbawa menjadi prioritas dengan pertimbangan antara lain agar mampu memberikan kontribusi bagi aktivitas ekonomi masyarakat setempat, termasuk pemerintah daerah yang berusaha membangkitkan dunia pariwisata.

"Jaringan Xl di Sumbawa didukung dengan lebih dari 400 BTS (Base Trasceiver Station) 2G dan 3G. Dengan demikian layanan data yang memiliki manfaat besar mendukung pariwisata sudah tersedia di Sumbawa dan sekitarnya," kata Desy.

Melalui layanan ini, pihak XL maupun pemerintah setempat berharap bisa bekerja sama untuk mengangkat potensi ekonomi daerah, terutama sektor pariwisata. Salah satu tindakan nyata dari XL adalah dengan ikut mempromosikan potensi wisata Tambora.

Hingga saat ini, NTB adalah daerah dengan lebih dari 90 persen pengguna layanan seluler XL. Selain itu, NTB juga merupakan daerah dengan infrastruktur jaringan terbaik. Daerah ini dilintasi jaringan backbone XL yang tersambung dengan jaringan utama di seluruh pulau-pulau utama lainnya. Bahkan ada lebih dari 1600 BTS XL di seluruh NTB, sebanyak 600 diantaranya adalah BTS 3G.

(brl/red)