CONNECT WITH US
Indah Pertiwi |
 11 Desember 2015 22:32

Rudiantara lunasi janji kesiapan 4G LTE kepada Ahok

Jaringan 4G LTE untuk membangun Smart City akhirnya telah selesai.

Rudiantara lunasi janji kesiapan 4G LTE kepada Ahok

Techno.id - Peresmian 4G LTE dikatakan oleh Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) secara tidak langsung menjawab tantangan dari Ahok selaku Gubernur DKI Jakarta. Dengan demikian kesiapan jaringan 4G LTE di Jakarta akan mendukung kesiapan dari program Smart City yang dicanangkan oleh pemimpin ibukota tersebut.

Rudiantara mengatakan, “Awalnya itu, saya tantang Gubernur DKI Jakarta, kapan Jakarta jadi Smart City. Kemudian Pak Gubernur bilang, sediakan dulu 4G di seluruh Jakarta, nah sekarang sudah selesai semua dan mudah-mudahan smart city bisa dilakukan di Jakarta.”

Ia menambahkan bahwa realisasi tersebut merupakan bentuk hutang yang akhirnya bisa ditepati olehnya. Sebagaimana diketahui, sebelum penerapan 4G pada frekuensi 1.800 MHz, terlebih dahulu dilakukan tata ulang di spektrum itu di seluruh wilayah Indonesia. Kebetulan wilayah pemerintahan Ahok, menjadi wilayah terakhir tata ulang di frekuensi tersebut.

“Refarming-nya (tata ulang) sudah selesai sekaligus membayar hutang saya kepada Gubernur DKI Jakarta. Karena saya janji untuk menyelesaikan 4G ini di Jakarta. Persiapan Indonesia memasuki teknologi generasi ke empat ini, di mulai sejak akhir April lalu dari kawasan Timur dulu, Maluku, kemudian ke arah barat dan tengah, Sumatera, kemudian Bali, yang akhirnya sampai Jawa, termasuk Jakarta,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, proses simbolis peresmian 4G LTE ini merupakan kegiatan simbolik untuk siap menuju era ekonomi kreatif. Keberadaan dan kesiapan jaringan 4G LTE, merupakan infrastruktur untuk menuju era yang digadang-gadang sebagai gelombang ekonomi baru.

WHAT TO READ NEXT ?