Program strategis Jokowi terbantu oleh sektor enterprise Telkom

Program strategis Jokowi terbantu oleh sektor enterprise Telkom

Techno.id - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) merupakan salah satu perusahaan operator telekomunikasi terbesar di Indonesia. Debutnya semakin terlihat dengan perluasan lini bisnis pada pemerintah, khususnya program strategis yang dijalankan Presiden Joko Widodo.

Muhammad Awaluddin selaku Direktur Enterprise and Business Services Telkom mengungkapkan bahwa Telkom saat ini terfokus pada lini enterprise dalam mendukung konsep ICT yang sering didengungkan Jokowi.

"Kalau kita bicara bisnis enterprise, Telkom melebarkan bisnisnya ke sektor government. Karena pemerintahan Pak Jokowi konsennya tinggi sekali ke ICT. Apalagi pemerintah sudah mengeluarkan Perpres 96/2014 tentang Rencana Pita Lebar. Jadi, kita berikan perhatian lebih ke sektor ini. Nanti kita akan dukung program e-pemerintahan, e-kesehatan, e-pendidikan, e-logistics, dan e-procurement agar pengelolaan pemerintah lebih didukung TIK," ungkapnya di Jakarta, dikutip dari Merdeka (16/04/2015).

Tahun ini Telkom memang terfokus pada segmen enterprise. Ini terbukti dengan suntikkan dana dari pendapatan mereka sebesar Rp 100 Triliun yang dialokasikan sekitar 58% pada segmen enterprise, sedangkan segmen government 22%, lalu UKM sebanyak 20% dan Telkom Group hanya 11%.

Selain ICT, pemerintah juga berencana untuk mewujudkan poros maritim. Program yang satu ini juga mendapat dukungan penuh oleh Telkom. "Kita support dengan namanya Marine Connectivity dalam bentuk broadband port," ungkapnya. Dukungan untuk broadband port ini berupa pembangunan infrastruktur fiber optic, WiFi, dan mobile broadband.

(brl/red)