Perkuat layanan iklan digital, Telkomsel luncurkan Vending Machine

Perkuat layanan iklan digital, Telkomsel luncurkan Vending Machine

Techno.id - Inovasi kembali dilakukan oleh provider dengan dominasi warna merah, Telkomsel. Baru-baru ini, Telkomsel meluncurkan sebuah Vending Machine yang ditujukan untuk membantu pengiklan melakukan distribusi produk contoh kepada pelanggan dengan lebih efektif.

Seperti dikutip dari Merdeka (15/4/15), inovasi yang dilakukan oleh Telkomsel ini adalah jawaban dari kejenuhan pasar atas kegiatan distribusi produk contoh dengan menggunakan metode konvensional. Bahkan, Haryati Lawidjaja, VP Digital Advertising Telkomsel mengatakan, saat ini kegiatan distribusi produk contoh menggunakan metode konvensional dirasa kurang efektif. Selama ini, responden sampling seringkali tidak sesuai dengan target pelanggan yang di sasar dan pengiklan tidak mendapat 'insight' mengenai penerima produk contoh mereka. Untuk itu, Telkomsel berinisiatif melakukan inovasi dengan meluncurkan vending machine ini.

Haryati menjelaskan, perangkat Telkomsel Vending Machine akan diintegrasikan dengan Targeted Message (SMS/MMS) atau pun Location Based Message (SMS.MMS) kepada konsumen. Adapun konsumen yang telah mendapat pesan dari Telkomsel Digital Advertising berkesempatan untuk memperoleh produk yang ada di dalam vending machine tersebut. Nantinya setiap pesan yang diterima pelanggan yang 'beruntung' tersebut akan berisi QR Code. Nah, jika pelanggan berniat untuk menukarkan QR Code tersebut, maka pelanggan wajib melakukan scan QR Code di vending machine untuk mendapatkan produk contoh.

Perkuat layanan iklan digital, Telkomsel luncurkan Vending Machine

Pihak Telkomsel, mengklaim jika penggunaan metode ini lebih efektif bagi pengiklan, karena selain dapat melibatkan interaksi dengan pelanggan, Telkomsel Vending Machine juga akan memberikan laporan yang real time dan komprehensif kepada para pengiklan mengenai konsumen yang telah menerima produk contoh.

Saat ini, penempatan beriklan di Telkomsel Vending Machine meliputi display produk, TVC, dan skin vending machine yang bisa disesuaikan brandingnya. Ke depannya, Telkomsel juga akan memberi kesempatan menarik lainnya, yakni mempersilakan para pengiklan untuk mengkostumisasi identitas vending machine (contohnya skin dan SMS) secara penuh atas nama brand mereka sendiri. Hingga saat ini, Telkomsel telah bekerja sama dengan beberapa brand ternama seperti, Citra, Pantene, dan Microsoft. Ketiga brand tersebut saat ini tengah menjajal Telkomsel Vending Machine untuk memperkenalkan produk sampling mereka, seperti Citra Hazeline, Pantene Aqua Pure, dan Microsoft Office 365.

(brl/red)