Pegiat OpenBTS kritisi kerja sama operator dengan balon Google

Pegiat OpenBTS kritisi kerja sama operator dengan balon Google

Techno.id - Baru-baru ini pemerintah mendukung kerja sama uji coba pelaksanaan balon internet Google yang dilakukan oleh tiga operator selular Telkomsel, XL, dan Indosat. Dalam uji coba tersebut, ketiga operator akan menyediakan spektrum di frekuensi 900 MHz untuk balon internet Google.

Namun nampaknya, dukungan tersebut menimbulkan 'kecemburuan' berbagai pihak terkait. Selain Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang sesalkan kerja sama uji coba tersebut, pegiat openBTS juga menyesalkan hal tersebut.

Dilansir oleh Merdeka.com (31/10/15), menurut Direktur ICT Watch, Donny BU, pemerintah seharusnya memperkenankan dan mendukung openBTS atas dasar 'netralitas teknologi'.

"Kami memberikan perhatian kritis atas rencana implementasi teknologi balon internet Google di Indonesia, yang nota kesepahamannya baru saja ditandatangani antara Google dengan Telkomsel, XL Axiata dan Indosat," ujarnya dikutip dari Merdeka.com.

"Pemerintah haruslah melakukan upaya yang sama agar teknologi alternatif, semisal OpenBTS, diperkenankan pula menggunakan frekuensi 900 MHz untuk penelitian dan pengembangan," imbuhnya.

Kata Donny, teknologi OpenBTS ini merupakan teknologi yang telah terbukti dapat dikembangkan dari dan oleh masyarakat Indonesia untuk membantu mengatasi kesenjangan pembangunan infrastruktur telekomunikasi, juga dalam situasi gawat darurat bencana.

Namun sayangnya, teknologi ini masih kesulitan lantaran belum mendapat dukungan yang memadai dari operator selular dalam skema kerjasama bentuk apapun.

"Ketika bicara 'netralitas teknologi' pun kedaulatan teknologi, maka kini harapan tertumpu pada Kementerian Komunikasi dan Informatika agar dapat memberikan dukungan yang sama kepada OpenBTS, juga kepada teknologi alternatif lainnya bila ada, sebagaimana telah diberikan terlebih dahulu kepada Project Loon Google. Kami juga meminta kepada operator telekomunikasi Indonesia, hendaknya sepenuh hati mendukung penelitian dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, semisal OpenBTS, yang sejatinya telah dan dapat dilakukan secara mandiri oleh putra-putri Indonesia," terangnya.

(brl/red)