Kebakaran gardu induk PLN, ganggu layanan operator seluler

Kebakaran gardu induk PLN, ganggu layanan operator seluler

Techno.id - Kebakaran besar terjadi di gardu induk PLN yang terletak di kawasan Kembangan, Jakarta Barat. Beberapa lokasi di wilayah Tangerang dan Jakarta yang mendapat pelayanan listrik dari gardu induk tersebut terganggu dan akan dilakukan pemadaman.

Gangguan dan pemadaman yang diakibatkan kebakaran gardu induk tersebut ikut mempengaruhi layanan telekomunikasi yang disediakan operator seluler. Pihak Telkomsel, Indosat dan XL Axiata mengakui terdapat gangguan pada layanan telekomunikasi yang dinikmati pelanggannya.

Sebagian pelanggan XL di area Meruya mengalami gangguan karena beberapa site XL terkena dampak dari kebakaran gardu tersebut, kata Tri Wahyuningtias, GM Communications XL sewaktu dihubungi tim Techno.id melalui layanan pesan instan.

Indosat juga menyebutkan ada gangguan dan jaringan BTS yang mengambil daya listrik dari gardu induk Kembangan hingga tak bekerja sebagaimana mestinya. Mereka pun memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat gangguan ini.

Kami berterimakasih atas kesabaran dari pihak pelanggan, saat ini kami masih terus berupaya untuk memulihkan pasokan listrik di beberapa BTS di area yang terkena imbas kebakaran tersebut, demikian disampaikan Deva Rachman, Group Head Corporate Communication Indosat.

Sedangkan Telkomsel menyebutkan ada 101 eNodeB Telkomsel terkena dampak pemadaman dan mengakibatkan turunnya layanan voice, sms dan data. Wilayah yang terkena dampak yaitu Jakarta Barat, BSD dan Serpong. Saat ini Telkomsel sedang memobilisasi pasokan listrik menggunakan genset, kata Aldin Hasyim, Manager Communication Telkomsel.

XL juga mengaku sedang berusaha mengendalikan situasi akibat gangguan pasokan listrik dan pemadaman yang dilakukan PLN. Saat ini kami sedang berupaya agar layanan dapat secepatnya kembali berjalan normal, tandas Wahyuningtias.

(brl/red)