CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 20 November 2015 20:00

Jaringan 4G XL bakal cakup 35 kota, ada kota Anda di daftar ini?

"Kecepatan 4G XL pakai teknologi terbaru. Kecepatan maksimal downloadnya bisa tembus sampai 150 Mbps."

Jaringan 4G XL bakal cakup 35 kota, ada kota Anda di daftar ini?

Techno.id - XL Axiata mengaku bakalan lebih gencar lagi menyediakan layanan internet berbasis 4G LTE (long term evolution) ke seluruh Indonesia. Setelah menyelesaikan proses penataan ulang dan refarming di frekuensi 1800 Mhz, operator yang akrab dikenal XL itu berencana menutupi 35 kota dengan teknologi 4G LTE di akhir tahun 2015.

Jakarta dan sekitarnya sebagai wilayah bungsu dari proses penataan ulang yang dilakukan operator jadi penanda kesiapan seluruh kota di Indonesia siap mencicipi kecepatan internet berteknologi 4G LTE. Sekarang, layanan 4G XL sudah tersedia di 8 kota, antara lain Jabodetabek, Medan, Bogor, Yogyakarta, Mataram, Denpasar, Surabaya dan Bandung.

Di akhir bulan November, perluasan penyediaan layanan 4G LTE akan memasuki tahap berikutnya. Tak kurang pelanggan XL di 11 kota lain akan kebagian menikmati layanan berbasis 4G LTE yakni, Pekanbaru, Batam, Palembang, Purwakarta, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Pacitan, Madura, Banjarmasin dan Manado.

Sementara itu, 16 kota lain yang bakalan kebagian merasakan layanan telekomunikasi 4G XL masih dirahasiakan. Kota-kota tersebut disebutkan baru akan merasakan layanan internet cepat dari XL sekitar bulan Desember 2015 hingga awal tahun 2016.

"Keseluruhan di nasional, sampai akhir tahun 2015 XL bakal mengkomersialkan layanan 4G di 35 kota yang akan ditunjang dengan 3.000 Base Tranceiver Station (BTS),” kata Dian Siswarini, Presiden Direktur XL sewaktu berincang-bincang dengan tim Techno.id di Jakarta.

Lebih lanjut, Dian mengaku pihaknya langsung memutuskan untuk lebih mengutamakan sisi kualitas di sejak awal penyediaan layanan 4G. Meski begitu, XL menyatakan tetap memperhatikan wilayah jangkauannya dan berusaha memberikan layanan internet 4G LTE yang memberikan kecepatan dan kenyamanan bagi pengguna.

"Kecepatan 4G XL pakai teknologi terbaru. Kecepatan maksimal downloadnya bisa tembus sampai 150 Mbps," tandas Dian.

WHAT TO READ NEXT ?