Jadi penguasa, XL sediakan 4G di Belitung tahun ini?

Jadi penguasa, XL sediakan 4G di Belitung tahun ini?

Techno.id - Pulau Belitung memang telah dikuasai XL Axiata soal layanan telekomunikasinya dengan penguasaan pasar 85 persen. Namun, bukan berarti masyarakat Belitung langsung kebagian jatah prioritas dalam mendapat layanan berbasis teknologi terkini, seperti 4G LTE (long term evolution) misalnya.

Memang, sampai saat ini masyarakat yang tinggal di kampung halaman Laskar Pelangi itu masih belum kebagian jatah mencicipi layanan berbasis internet cepat 4G LTE dari XL. Padahal, XL telah menyediakan layanan itu di 35 kota di seluruh Indonesia sejak layanan 4G direstui pemerintah digelar secara komersial beberapa waktu lalu.

Mohammad Sopyan Rambe selaku GM Sales SUMBAGSEL - XL Axiata berkilah bahwa penyediaan layanan 4G LTE perlu didukung dengan faktor pendukung lainnya. Ia menyatakan sebagian besar pelanggan telekomunikasi di Belitung belum banyak yang menggunakan ponsel yang mendukung teknologi 4G.

"Sebanyak 70 persen handset di Belitung menggunakan jaringan 3G, sedangkan sisanya masih pakai ponsel yang berjalan di atas jaringan 2G," kata pria yang akrab disapa Rambe itu sewaktu ditemui tim Techno.id di Museum Kata Andrea Hirata, Belitung.

Meski begitu, Rambe menjanjikan pelanggan XL yang berada di Belitung masuk dalam daftar perluasan layanan 4G yang dilakukan perusahaan. Bahkan, ia menyebutkan kehadiran layanan 4G milik XL di Belitung tinggal menunggu waktu saja.

Rambe menambahkan, dari sisi infrastruktur XL di Belitung sudah siap mengadopsi layanan 4G LTE. Hanya saja soal penyediaan 4G, mereka perlu menunggu pelanggannya siap. "Dalam waktu dekat XL Axiata akan mengakomodir 4G di Belitung, waktunya belum tahu kapan, mudah-mudahan tahun ini," tandasnya.

XL secara penguasaan pasar bisa disebut jadi penguasa penuh layanan telekomunikasi di kawasan Belitung. Layanan komunikasi milik XL telah digunakan 85 persen masyarakat Belitung atau setara 211 ribu pelanggan dari total sekitar 280 ribu penduduk.

(brl/red)