CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 14 Mei 2016 11:00

Ini langkah strategis XL sambut Ramadan dan Lebaran 2016

Salah satu langkah yang telah disiapkan oleh XL adalah memanfaatkan teknologi terbaru dalam sistem jaringan.

Ini langkah strategis XL sambut Ramadan dan Lebaran 2016

Techno.id - PT XL Axiata dilaporkan telah siap menyambut bulan Ramadan dan Lebaran tahun 2016 yang terhitung tinggal satu bulan lagi tersebut. Operator dengan dominasi warna biru ini memastikan infrastruktur jaringannya telah siap menghadapi lonjakan trafik yang biasa terjadi pada semua jenis layanan komunikasinya saat memasuki Ramadan dan libur lebaran tersebut.

Chief Service Management Officer (CSMO) XL Yessie D Yosetya mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah strategis, salah satunya adalah memanfaatkan teknologi terbaru dalam sistem jaringan.

"Kami menerapkan teknologi terbaru Network Functions Virtualization atau NFV yang memungkinkan XL dapat menambah atau pun mengurangi kapasitas jaringan secara cepat sehingga bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya kepadatan jaringan di suatu lokasi yang bisa mengganggu kualitas layanan," ujar Yessie seperti dilansir Antara (11/5/16).

Selain itu, Yessie mengungkapkan pihaknya juga telah siap mengaplikasikan teknologi MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Teknologi ini berfungsi untuk menghindari lonjakan trafik pada suatu lokasi tertentu dengan menyebarkannya ke jaringan XL lainnya yang tersebar di beberapa titik.

Tak ketinggalan, sejak 1 April lalu XL juga sudah memiliki lebar pita 15MHz pada spektrum 1800Mhz di layanan 4G LTE, sehingga refarming spektrum 1800Mhz dari 2G ke LTE berlangsung dengan baik di BTS 4G Makro. "Tambahan lebar pita 4G LTE ini akan menambah kapasitas dan kecepatan layanan 4G LTE yang sudah ada, yang pada akhirnya akan berdampak positif bagi pelanggan. Kecepatan maksimum di BTS level akan naik dari 75Mbps menjadi 100Mbps," tutur Yessie.

XL juga dilaporkan telah memperbesar kapasitas jaringan hingga 2 sampai 3 kali dibanding kapasitas sehari-hari. Lalu, mengerahkan sekitar 20 mobile BTS untuk memperkuat jaringan di lokasi-lokasi yang diprediksi menjadi konsentrasi berkumpulnya masyarakat seperti terminal bus, bandara, pelabuhan, stasiun, jalur mudik, tempat belanja, dan lokasi wisata.

Terakhir, XL juga diketahui akan melakukan uji jaringan do sebagian besar area yang setiap tahun ritun mengalami kenaikan trafik komunikasi secara signifikan. "XL merasa perlu memastikan semua jaringan aman untuk menampung kenaikan trafik di saat berlangsungnya hari-hari sibuk tersebut. Dengan asumsi siapa saja yang berada di mana saja, sejauh ada koneksi telekomunikasi dan internet akan bisa terkoneksi ke dunia. Bahkan, bagi mereka yang berada di tempat terpencil secara geografis," tutup Vice Presiden Service Operation Managemen XL, I Gede Darmayusa.

WHAT TO READ NEXT ?