Menkominfo: Layanan internet gratis itu hanya sementara

Menkominfo: Layanan internet gratis itu hanya sementara

Techno.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara kembali mengemukakan pendapat tentang layanan internet gratis yang sedang digembar-gemborkan operator telekomunikasi. Menurutnya, layanan internet gratis yang dilakukan operator telekomunikasi itu hanya sementara. Jika mereka menggratiskan internet otomatis itu akan menjadi beban bisnis bagi operator telekomunikasi itu sendiri.

"Begini, dari sisi internet gratis, internet bisa gratis tapi siapa yang bawa jaringannya siapa yang bawa bos? kalau saya lihat, kalaupun itu dilakukan, sifatnya promosi, promosi itu artinya dalam waktu tertentu misalkan lokasi tertentu," ujarnya seusai acara pelantikan anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) periode 2015-2018 di kantornya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), seperti dilansir Merdeka (23/5/15).

Sepertinya internet gratis merupakan strategi pasar bisnis untuk memikat pelanggan lebih banyak. Setelah kuota tercukupi bisa jadi mereka tidak akan menggratiskannya lagi. Kalau dilogika, mana ada orang yang mau memberikan sesuatu secara cuma-cuma.

"Itu sifatnya taktikal. Kami yakin ini bukan sesuatu yang fundamental jika dijadikan program besar-besaran. Soalnya, dari sisi logika bisnisnya enggak masuk. Siapa yang mau?" imbuhnya.

Sekarang ini beberapa operator telekomunikasi yang memberikan layanan internet gratis adalah Indosat dan Telkomsel. Indosat menggandeng akses internet gratis untuk Facebook lewat internet.org. Sedangkan Telkomsel bersama Evercoss menggandeng Opera untuk program internet gratis di feature phone.

(brl/red)