Indosat siap hadapi gempuran trafik Natal dan Tahun Baru

Indosat siap hadapi gempuran trafik Natal dan Tahun Baru
Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru operator telekomunikasi berbenah. Indosat Ooredoo menyatakan kesiapannya menghadapi lonjakan trafik komunikasi pelanggannya sepanjang liburan akhir tahun dan tahun baru.
Perusahaan yang juga dikenal sebagai Indosat itu mengaku jaringan data kuat miliknya akan terus memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggannya. Persiapan dilakukan dengan menyediakan kapasitas jaringan yang telah disesuaikan dengan kemungkinan lonjakan trafik selama liburan akhir tahun dan tahun baru.
Masih dalam rangkaian transformasi perusahaan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan, terutama menyediakan jaringan data yang kuat kepada pelanggan, kami telah menyiapkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi segala kemungkinan kenaikan trafik baik itu suara, SMS maupun data, ujar Heri Purnomo, Group Head CTO Office Indosat Ooredoo.
Heri juga melanjutkan persiapan itu juga didukung dengan telah tersedianya jaringan 4G LTE di berbagai kota yang telah diselesaikan oleh Indosat Ooredoo. "Kami semakin siap untuk tetap memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam situasi apapun, terutama saat ini menjelang perayaan Natal, Libur Akhir Tahun dan perayaan Tahun Baru," kata Heri.
Dalam keterangan resminya, Indosat Ooredoo menyatakan kapasitas semua layanan Indosat Ooredoo, baik suara, SMS dan data telah ditingkatkan. Kapasitas suara ditingkakan menjadi 2.340 juta menit/hari (39 juta Erlang/hari), layanan SMS ditingkatkan menjadi 1,285 milyar SMS/hari, dan layanan data ditingkatkan menjadi 3.463 Terabyte/hari.
Semua kapasitas tersebut ditingkatkan untuk mengantisipasi kenaikan trafik secara nasional dengan melayani 69 juta pelanggan Indosat Ooredoo. Kenaikan kapasitas tersebut sudah disesuaikan dengan prediksi kenaikan trafik yang mungkin terjadi, berdasarkan pengalaman pada kondisi yang sama tahun-tahun sebelumnya. Kami ingin memastikan pelanggan Indosat Ooredoo tetap nyaman dan lancar berkomunikasi selama masa-masa perayaan tersebut, tambah Heri.
Demi memastikan jaringan Indosat Ooredoo tetap prima dalam melayani pelanggan, perusahaan juga melakukan monitoring jaringan secara intensif yang dilakukan melalui i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center). i-NOC adalah fasilitas monitoring & pengendalian jaringan infrastruktur Indosat baik untuk layanan seluler maupun layanan Enterprise Corporate, Indosat Ooredoo Business, termasuk yang disediakan oleh anak perusahaan Indosat seperti Lintasarta dan IM2.
i-NOC juga berperan untuk meningkatkan fungsi monitoring kontinuitas antar jaringan yang kompleks, peningkatan percepatan penyelesaian gangguan dan pusat koordinasi (Command Center) bagi seluruh perangkat jaringan Indosat Ooredoo secara nasional.

(brl/red)