CONNECT WITH US
Fauzan Jamaludin |
 2 Februari 2016 17:00

IndiHome berlakukan FUP, ini penjelasan Telkom

Telkom: IndiHome memiliki banyak pelanggan nakal (heavy user)

IndiHome berlakukan FUP, ini penjelasan Telkom

Techno.id - Kebijakan Fair Policy Usage (FUP) yang baru saja diterapkan Telkom di layanan IndiHome kini tengah menuai kritik. Para pelanggan pun merasa dirugikan dan menganggap bahwa IndiHome tak lagi unlimited.

Direktur Consumer Service Telkom, Dian Rachmawan, mengatakan bahwa IndiHome memiliki beberapa pelanggan nakal. Ia menyebut mereka sebagai heavy user, yaitu pelanggan yang seringkali menyalahgunakan fasilitas unlimited.

Heavy user ini, lanjut Dian, adalah pelanggan yang biasanya menggunakan fasilitas unlimited untuk keuntungan pribadi. Menurut Dian, pelanggan seperti inilah yang dapat mengganggu normal user lainnya.

Ia kemudian mencontohkan, heavy user memanfaatkan fasilitas unlimited untuk membuka bisnis warnet pribadi, hingga menjual ulang film atau game secara ilegal. Padahal, heavy user dan normal user membayar tarif yang sama.

"Bahkan ada juga pelanggan (heavy user) yang menjual kembali layanan unlimited mereka kepada tetangga-tetangga di sekitarnya," jelas Dian sebagaimana dikutip dari Merdeka, Senin (01/02).

Berdasarkan hasil uji coba pihaknya, Dian mengklaim bahwa kebijakan FUP ini tidak diprotes oleh para pelanggan IndiHome. Pasalnya, normal user (yang tidak menyalahkan fasilitas unlimited) diyakini tak akan melampaui batas FUP.

"Yang komplain ternyata yang melakukan aktivitas reselling seperti warnet dan mini operator tanpa lisensi," paparnya.

WHAT TO READ NEXT ?