CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 29 April 2016 18:00

Dongkrak kualitas 4G, XL perlebar pita frekuensi

Kecepatan maksimum di BTS level akan naik dari 75 Mbps menjadi 100 Mbps.

Dongkrak kualitas 4G, XL perlebar pita frekuensi

Techno.id - Layanan telekomunikasi berbasis teknologi 4G LTE (long term evolution) mulai banyak digunakan pelanggan operator. XL Axiata mengaku berupaya meningkatkan kualitas layanan 4G LTE yang disediaknnya bagi para pelanggannya.

Salah satu cara yang dilakukan XL untuk meningkatkan kualitas itu dilakukan dengan memperbesar alokasi penggunaan frekuensi 4G LTE dari 10 Mhz menjadi 15 Mhz. Proses pelebaran alokasi frekuensi itu disebutkan sudah berjalan sejak 1 April 2016.

"Langkah yang kami tempuh ini baru XL yang menerapkannya. Ini merupakan bagian dari roadmaps evolusi XL 4G LTE untuk menyediakan layanan 4G LTE yang superior di kota-kota yang kami nilai membutuhkan peningkatan kualitas segera," kata Yessie D. Yosetya, Direktur dan Chief Services Management XL.

Secara teknis, dalam proyek XL melakukan refarming frekuensi 1800 MHz dari 2G ke LTE, di mana sebelumnya menggunakan lebar pita 10 MHz menjadi 15 MHz untuk 4G LTE di BTS 4G Makro. Kecepatan maksimum di BTS level akan naik dari 75 Mbps menjadi 100 Mbps.

Pada tahap awal, penggunaan pita 15Mhz untuk internet 4G LTE baru dilakukan di 4 kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Pemilihan ke-4 kota tersebut berdasarkan pada kebutuhan di kota-kota tersebut.

Perusahaan yang berkantor pusat di kawasan Mega Kuningan, Jakart tersebut mengaku telah menyusun rencana pengembangan yang di dalamnya telah mempertimbangkan potensi dan kebutuhan pelanggan di kota-kota lainnya.

Internet cepat 4G LTE dari XL sudah melayani pelanggan di 58 kota, yang didukung dengan lebih dari 3 ribu BTS 4G. Hingga akhir tahun 2016 nanti, XL menargetkan setidaknya ada 85 kota/area yang akan terlayani layanan 4G LTE.

 

WHAT TO READ NEXT ?