Bolt!: 4G LTE di Jakarta paling cepat akhir 2016

Bolt!: 4G LTE di Jakarta paling cepat akhir 2016

Techno.id - Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menargetkan bahwa di awal tahun 2016 nanti, jaringan 4G LTE sudah dapat dinikmati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan kata lain, operator telekomunikasi diprediksi bakal bertarung layanan lebih sengit di tahun depan.

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, penataan jaringan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara komersil saat ini masih berada di luar pulau Jawa. Tentu saja, hal ini terkait penataan jaringan yang memang baru hanya selesai dilakukan di luar pulau Jawa. Sedangkan di pulau Jawa sendiri masih belum dilakukan.

Jika sesuai rencana, proses penataan jaringan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara nasional akan selesai pada bulan November 2015. Adapun ibukota Jakarta nantinya akan menjadi wilayah terakhir penataan dan satu-satunya operator yang telah mendapatkan lisensi di wilayah Jabodetabek ialah Bolt!.

Kendati demikian, Dicky Moechtar selaku Presiden Direktur Bolt! mengungkapkan bahwa penataan jaringan 4G LTE Jabodetabek khususnya di wilayah Jakarta akan selesai namun setidaknya di akhir tahun 2016. Ia menilai, menyiapkan jaringan dengan waktu yang cepat bukanlah perkara mudah.

"Masalahnya, bangun BTS 4G itu tidak mudah. Meskipun banyak yang bilang sudah modernisasi dan tinggal switch saja, tetapi pelaksanaannya tidak semudah itu. Jadi saya pikir akan sedikit sulit jika digelar di awal tahun 2016. Bisa pun hasilnya tidak akan maksimal," ujarnya seperti dikutip Merdeka, Senin (06/07/2015).

Lebih jauh, selain itu juga tidak sedikit operator telekomunikasi Indonesia yang masih memiliki pelanggan di jaringan 2G. Penyebabnya pun dapat berupa perangkat yang belum mendukung, harga paket layanan yang tinggi, serta tower BTS yang belum mumpuni. Ia menegaskan, itulah tantangan sebenarnya para operator telekomunikasi.

(brl/red)