Yahoo segera pangkas 20 persen karyawan, 1600 orang bakal terkena PHK

Yahoo segera pangkas 20 persen karyawan, 1600 orang bakal terkena PHK

Yahoo PHK karyawan massal

"Keputusan ini tidak mudah, tetapi kami yakin perubahan ini akan menyederhanakan dan memperkuat bisnis periklanan kami untuk jangka panjang, sekaligus memungkinkan Yahoo memberikan nilai yang lebih baik kepada pelanggan dan mitra kami," kata juru bicara dari Yahoo.

Sebagai informasi, pada september 2021, perusahaan ekuitas swasta Apollo Global Management mengakuisisi 90 persen saham Yahoo dari Verizon. Perusahaan memiliki sekitar 10.000 karyawan saat itu, menurut data PitchBook.

Laporan Axios menyebutkan bahwa lebih dari 1.600 pekerja akan diberhentikan dalam pemangkasan karyawan. Dari beberapa informasi tersebut, menunjukan bahwa Yahoo telah memiliki sejumlah hampir 8.000 karyawan.

Juru bicara dari Yahoo menambahkan, perusahaan akan memberikan pesangon kepada tenaga kerja yang terkena PHK. Namun sayangnya, pihak Yahoo tidak membeberkan secara gamblang tentang jumlah atau nilai dari pesangon imbas dari PHK yang dilakukan.

Yahoo segera pangkas 20 persen karyawan, 1600 orang bakal terkena PHK

foto: Pexels.com

Pengumuman PHK oleh Yahoo muncul kala semakin maraknya perusahaan teknologi yang memangkas biaya untuk menyesuaikan diri dengan penurunan belanja iklan digital. Selain itu, ketidakpastian ekonomi global juga sangat berpengaruh mengapa Yahoo memutuskan untuk melakukan PHK.

Seperti diketahui, Yahoo telah lama malang melintang di industri internet sejak 1990-an. Saat ini Yahoo tengah berusaha menemukan relevansi untuk beberapa tahun kedepan. Terlebih Google cukup mendominasi platform pencarian, dan media sosial lainnya.

(brl/guf)