Untuk memutus kemiskinan, Indonesia harus terus kembangkan teknologi

Untuk memutus kemiskinan, Indonesia harus terus kembangkan teknologi

Techno.id - Sebenarnya, ada banyak sekali manfaat teknologi untuk kehidupan umat manusia. Salah satu di antaranya ialah memperkuat sektor ekonomi suatu negara plus melancarkan program pengentasan kemiskinan. Seperti negara-negara lain di kawasan Asia-Pasifik, Indonesia juga perlu mendukung realisasi hal itu.

"Teknologi telah menjadi penyumbang utama pertumbuhan ekonomi dan pengembangan manusia di kawasan Asia Pasifik," ungkap Direktur Biro Regional Asia Program Pembangunan PBB, Haoliang Xu, seperti dikutip dari Antara (30/05/15).

Berdasarkan pengamatannya, teknologi dinilai mampu memberikan dampak transformasional pada masyarakat miskin dan terkucilkan di Asia-Pasifik. Artinya, berbekal inovasi yang apik dan terjun ke bisnis teknologi, seseorang bisa mengubah hidup dan orang-orang di sekitarnya menjadi lebih baik.

Di kawasan Asia-Pasifik sendiri, perkembangan teknologi sudah dipandang positif dan cukup sukses memperbaiki kehidupan masyarakat. Alhasil, Sasaran Pembangunan Milenium (MDG), dengan persentase populasi yang hidup dengan penghasilan kurang dari sekitar Rp16.000 per hari, di Asia-Pasifik diperkirakan menurun menjadi 12 persen di akhir 2015 nanti. Padahal di tahun 1990, persentase dari populasi tersebut masih berkisar di angka 53 persen.

(brl/red)