The Beatles akan merilis rekaman terakhir, menggunakan suara John Lennon melalui bantuan AI

The Beatles akan merilis rekaman terakhir, menggunakan suara John Lennon melalui bantuan AI

Techno.id - Grup rock legendaris asal Liverpool, Inggris, The Beatles bakal merilis rekaman album terakhir tahun ini. Meski band ini hanya menyisakan dua personel, Paul McCartney dan Ringo Starr, namun dalam rekaman album terakhir The Beatles tersebut akan disajikan dalam formasi utuh, termasuk adanya suara mendiang John Lennon dan George Harrison. Lho koq bisa?

Dalam sebuah wawancara McCartney di acara program Today di BBC Radio 4 belum lama ini, ia mengatakan album ini didasarkan pada karya analog yang dihidupkan kembali dengan teknologi futuristik. Menurutnya, The Beatles telah menyelesaikan rekaman baru dengan menggunakan rekaman demo lama dari John Lennon, berkat alat bantu AI yang dapat mengisolasi suara sang vokalis tersebut.

Seorang teknisi suara menggunakan AI untuk mengekstrak vokal dari musik latar. Di mana McCartney mengaku memiliki rekaman suara Lennon dan pianonya. Sang teknisi tersebut bisa memisahkannya dengan AI. Bahkan ia mampu menghilangkan suara gitar dalam rekaman tersebut.

The Beatles akan merilis rekaman terakhir, menggunakan suara John Lennon melalui bantuan AI foto: thehollywoodreporter.com/photofest

Dalam proses rekaman tersebut, The Beatles menggunakan materi dari rekaman demo yang dibuat Lennon sebelum kematiannya pada Desember 1980. Jadi mereka mengambil suara Lennon dan Harrison serta membuatnya murni melalui AI. Teknologi AI mampu mengeluarkan suara Lennon dari sebuah kaset yang berisi suaranya dan piano.

Meski McCartney tidak memberikan rincian tentang rekaman terakhir The Beatles tersebut, namun penulis Keith Badman telah melaporkan bahwa pada tahun 1994, janda Lennon, Yoko Ono, memberikan McCartney beberapa rekaman demo rumahan dari mendiang penyanyi dan penulis lagu tersebut.

Rekaman tersebut termasuk lagu cinta Lennon Now And Then yang direkam pada 1978. Seperti yang dicatat Mark Savage dari BBC, upaya sebelumnya untuk menyelesaikan lagu tersebut tidak pernah berhasil karena kualitas audio yang buruk dari suara Lennon dalam rekaman tersebut.

Nah kabarnya Now And Then akan menjadi lagu baru dalam album terakhir The Beatles tersebut. Sebab, sebelumnya The Beatles telah mempertimbangkan untuk merilis Now And Then sebagai lagu reuni dengan seri antologi mereka di tahun 1995.

The Beatles akan merilis rekaman terakhir, menggunakan suara John Lennon melalui bantuan AI foto: npr.org/2269 productions inc/notfadeawaygallery.com

Ini juga bukan pertama kalinya The Beatles merilis karya setelah bubar. Band ini pernah merilis lagu anumerta Free As A Bird, pada 1995, dan Real Love setahun kemudian. Lagu-lagu tersebut sebagai bagian dari antologi retrospektif yang mendalam.

Yoko Ono, pernah memberikan sebuah rekaman demo yang dilabeli Lennon For Pauldengan lagu-lagu tersebut kepada McCartney pada tahun 1995 dan diproduseri ulang oleh Jeff Lynne.

The Beatles juga pernah membuat film dokumenter pada 2021, The Beatles: Get Back yang menceritakan tentang pembuatan album band tahun 1970 Let It Be. Saat itu seorang teknisi suara juga menggunakan AI untuk mengekstrak vokal dari musik latar.

Sebagai informasi band yang berpengaruh ini memiliki puluhan lagu hits sebelum akhirnya bubar pada 1970, lebih dari 50 tahun yang lalu. Lennon, yang saat itu berusia 40 tahun, meninggal pada 1980 setelah ditembak di luar gedung apartemennya di New York City. Sementara Harrison meninggal karena kanker paru-paru pada tahun 2001 di usia 58 tahun. Rekaman album terakhir The Beatles yang menghadirkansuara Lennon dan Harrison ini seakan membawa kembali suara dari dalam kubur.

(brl/red)