Telkomsel kembali gelar program Internet BAIK Series 8, perangi penyebaran konten negatif

Telkomsel kembali gelar program Internet BAIK Series 8, perangi penyebaran konten negatif

Techno.id - Menanggulangi penyebaran konten negatif, meningkatkan indeks literasi digital nasional, serta mewujudkan Indonesia yang semakin cakap digital dan bertanggung jawab, Telkomsel kembali menggelar program Internet Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif, Kreatif (Internet BAIK).

Program ini bertujuan mendidik masyarakat Indonesia di bidang literasi digital. Program Internet BAIK Series 8 kali ini mengusung tema Empower Creative Generation yang mengedepankan fokus Telkomsel terhadap peningkatan literasi digital generasi muda dengan mendukung pembentukan karakter kreatif dan inspiratif dalam pemanfaatan internet dan media sosial.

Sebagai program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan Telkomsel dalam upaya penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan perusahaan yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), Internet Baik Series 8 turut melibatkan edukasi digital bagi siswa-siswi berkebutuhan khusus dan penyandang disabilitas.

Telkomsel kembali gelar program Internet BAIK Series 8, perangi penyebaran konten negatif foto: telkomsel

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel A Pangerapan menyatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyambut baik program Internet BAIK dari Telkomsel yang selama ini telah konsisten menghadirkan edukasi digital bagi seluruh kalangan.

Program ini bisa menjadi salah satu cara menanggulangi ancaman potensi lunturnya nilai-nilai toleransi, inklusivitas, dan degradasi moral yang sedang dihadapi Indonesia melalui penyebaran konten negatif di internet seperti hoax, cyberbullying, cybercrime, judi online, dan online radicalism.

Mengedepankan semangat menggerakkan kemajuan, Internet BAIK Series 8 mengoptimalkan teknologi digital dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui e-repository bahan ajar digital, memfasilitasi kolaborasi antar siswa maupun guru dari berbagai sekolah untuk berbagi ide, menerapkan strategi pengajaran terdepan, serta memaksimalkan sumber daya pendukung pembelajaran.

Telkomsel kembali gelar program Internet BAIK Series 8, perangi penyebaran konten negatif foto: telkomsel

Dalam upaya meningkatkan kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan yang holistik dan berkelanjutan, Internet BAIK Series 8 juga akan memberikan pelatihan dan dukungan tambahan kepada para guru atau tenaga pendidik untuk meningkatkan kualifikasi mereka dalam menggunakan metode pengajaran yang efektif.

Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel Saki H Bramono mengatakan, program Internet BAIK dihadirkan kembali dengan mengambil peran mendukung literasi digital generasi muda yang kreatif dan inspiratif melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam penggunaan teknologi.

Diselenggarakan di Medan, Tasikmalaya, Banjarbaru, dan Kediri, secara onsite bagi para guru atau tenaga pendidik, orang tua, komunitas, pelajar, dan serta siswa/siswi penyandang disabilitas dari SLB setingkat SMA, rangkaian program Internet BAIK Series 8 tahun ini akan dimulai dengan Seminar bersama profesional dan praktisi yang akan berbagi insight dan pengalaman berharga tentang tren terkini dan tantangan di dunia kreatif digital.

Telkomsel kembali gelar program Internet BAIK Series 8, perangi penyebaran konten negatif foto: telkomsel

Kemudian, Internet BAIK akan dilanjutkan dengan Workshop dan Bootcamp kecakapan kreatif digital secara luring dan daring untuk meningkatkan dan mendukung pengembangan pengetahuan, wawasan, dan kreativitas. Pada penghujung program di tiap lokasi, Internet BAIK Series 8 akan melangsungkan Showcase dari karya prototype platform yang dibuat para peserta.

(brl/red)