Telkomsel dan Singtel berkolaborasi dengan Google dukung transformasi digital bisnis lewat RCS

Telkomsel dan Singtel berkolaborasi dengan Google dukung transformasi digital bisnis lewat RCS

Techno.id - Mendukung transformasi digital pada bisnis, Telkomsel mengumumkan kemitraan strategis dengan Google untuk menghadirkan layanan Rich Communication Services (RCS) dengan Rich Business Messaging (RBM) yang inovatif. Kerjasama ini bertujuan meningkatkan pengalaman komunikasi pelanggan dan menyajikan solusi pesan singkat yang lebih canggih dan kaya akan fitur.

RCS memungkinkan pelanggan Telkomsel meningkatkan layanan Short Messaging Service (SMS) dengan tingkat interaktivitas yang lebih tinggi, berbagi konten multimedia berkualitas tinggi, berpartisipasi dalam obrolan grup yang lebih dinamis, serta mencakup dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan kolaborasi ini untuk meningkatkan pengalaman pelanggan melalui kehadiran layanan RCS dengan RBM dengan solusi khusus melalui teknologi terkini kepada para pelanggan bisnis di Indonesia.

Pelaku bisnis juga dapat menggunakan semua fitur komunikasi canggih yang disediakan dalam RCS untuk menyampaikan RBM kepada pelanggan dengan use case spesifik sesuai kebutuhan mereka. Layanan RBM akan tersedia untuk pelanggan Telkomsel di Indonesia dan bagi pelanggan pemegang saham Telkomsel, Singtel, di Singapura, dengan mempertimbangkan ketersediaan perangkat yang sudah mendukung teknologi ini.

Sementara Terence Lai Tuck Leong, Vice President of Digitalisation, Products, and Partnerships of Singtel Singapore, menyatakan, pihaknya selalu mencari platform dan layanan baru yang inovatif yang dapat membantu perusahaan meningkatkan kinerja bisnis dan interaksi dengan pelanggan.

Dengan platform ini, Singtel membuka peluang bagi bisnis dari berbagai ukuran dan sektor untuk menjangkau sejumlah besar pelanggan Android yang terus berkembang.

Sedangkan Jason Choy, Director, Android & Business Communication Product Partnerships, International Google mengatakan, dengan pengalaman Telkomsel yang sudah lebih dari 28 tahun di pasar Indonesia, kolaborasi ini menyediakan solusi telekomunikasi yang andal kepada para pelaku bisnis, termasuk dukungan untuk RCS.

Sebagai informasi, sejak 2016, Telkomsel telah menyatakan dukungannya terhadap Global System for Mobile Communications Association (GSMA) dalam mendorong adopsi RCS, di mana Profil Universal (UP) RCS dari GSMA dapat menyediakan layanan pesan terbuka, konsisten, dan global di seluruh jaringan dan perangkat.

(brl/red)