Ini penjelasan mengenai RCS, perpesanan lintas platform yang akan hadir di iPhone

Ini penjelasan mengenai RCS, perpesanan lintas platform yang akan hadir di iPhone

Techno.id - Belakangan ramai di kalangan penggemar teknologi mengenai rencana Apple yang mengejutkan. Di mana Apple telah mengumumkan bahwa mereka akan mengimplementasikan protokol perpesanan RCS (Rich Communication Services) melalui pembaruan perangkat lunak pada tahun 2024.

Dalam pernyataan resmi Apple yang dilansir 9to5Mac, juru bicara Apple menjelaskan pihaknya akan mengintegrasikan RCS yang memungkinkan interoperabilitas (kemampuan untuk bekerja di antara banyak hal) yang lebih baik di berbagai platform.

Meskipun keputusan Apple untuk mendukung RCS muncul di tengah-tengah tekanan dari regulator, keputusan ini memberikan kelegaan yang signifikan bagi para pengguna yang selama ini menghadapi tantangan dalam mengirim pesan antara perangkat Android dan iOS.

Ini penjelasan mengenai RCS, perpesanan lintas platform yang akan hadir di iPhone foto: freepik/grinvalds

Sejauh ini, pendekatan konvensional untuk berkomunikasi antara iPhone dan perangkat Android adalah dengan mengandalkan SMS atau MMS, yang memiliki beberapa kelemahan, Inilah yang ingin diatasi melalui protokol RCS.

Sebagai permulaan, pengguna bisa mendapatkan keuntungan dari tanda terima baca, indikator pengetikan, transfer media berkualitas tinggi, dan kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan melalui data seluler atau Wi-Fi, di antara peningkatan lainnya.

Meskipun RCS saat ini tidak memiliki enkripsi end-to-end, tidak seperti iMessage, Apple telah menyatakan komitmennya untuk berkolaborasi dengan GSMA untuk meningkatkan fitur keamanan protokol.

Ini penjelasan mengenai RCS, perpesanan lintas platform yang akan hadir di iPhone foto: freepik

Perlu dicatat bahwa perdebatan antara gelembung hijau dan gelembung biru akan terus berlanjut. Karena iMessage akan tetap menjadi cara utama untuk berkomunikasi dengan pengguna Apple lainnya.

Sementara RCS diharapkan menjadi pilihan default untuk pengiriman pesan lintas platform saat beroperasi bersama SMS dan MMS, yang menurut Apple akan tersedia sebagai cadangan. Teks RCS juga akan menggunakan gelembung hijau, seperti halnya SMS.

Merangkul protokol perpesanan RCS tidak hanya akan mengantarkan era baru perpesanan dinamis tetapi juga memastikan interoperabilitas yang lebih baik. Saat integrasi RCS Apple diluncurkan pada tahun 2024, pengguna dapat menantikan pengalaman perpesanan lintas platform tanpa hambatan untuk kebutuhan komunikasi mereka yang terus berkembang.

(brl/red)