Telkom umumkan pemenang IAA 2015

Telkom umumkan pemenang IAA 2015

Techno.id - Indigo Apprentice Awards (IAA) 2015 adalah Acara ini merupakan ajang kompetisi industri kreatif digital yang dirancang sebagai wadah apresiasi dan pengembangan startup digital Indonesia yang digelar oleh perusahaan telekomunikasi nasional yakni Telkom.

Dilansir dari Merdeka.com (22/05/15), program ini memang baru digelar pertama kalinya pada tahun ini, namun Telkom akan terus mengagendakan acara ini setiap tahunnya. Sehingga acara akan berkelanjutan dan sebagai proses pembangunan dan pengembangan ekosistem industri kreatif digital yang kuat.

Program yang baru digelar tahun ini telah menjaring 159 startup lokal, selanjutnya dengan tahap seleksi hanya 56 startup peserta saja yang digandeng Telkom menjadi mitra dalam bisnis digitalnya.

Telkom umumkan pemenang IAA 2015

Chief Innovation & Strategic Officer Telkom Group Indra Utoyo mengatakan Telkom Group berkomitmen menyediakan ekosistem inovasi digital bagi tumbuhnya startup lokal, contohnya adalah dengan menyediakan creative center berupa co-working space untuk startup di beberapa kota seperti Bandung (Bandung Digital Valley), Yogyakarta (Jogya Digital Valley) dan Jakarta (Jakarta Digital Valley) dan menyediakan creative camp (digital innovation lounge) yang saat ini sudah ada di 20 kota.

Indra juga menambahkan jika IAA 2015 merupakan bagian dari Indigo Telkom Group yang bertujuan untuk menjaring startup yang memang buatan anak bangsa dan memang berpotensi untuk berkembang menjadi pemimpin baru di bisnis digital serta dapat bersaing dengan pemain digitak global.

Di sisi lainnya, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf menyambut baik inisiatif Telkom Group dalam mendukung pertumbuhan industri kreatif digital. Menurutnya, Telkom sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam pembinaan industri kreatif yang memiliki kandungan teknologi tinggi; di samping tetap menjaga ketajaman bisnisnya untuk memastikan pertumbuhan bisnis industri-industri kreatif lokal menjadi bisnis yang kuat dalam skala global.

Berikut nama para pemenang IAA 2015:

Juara 1 : Cubeacon iBeacon BackEnd as a Service
Juara 2 : Siji Augmented Reality
Juara 3 : Shoppingmagz
Juara Apps : Light Me Up
Juara Games : Animal Pirates

(brl/red)