Telkom dirikan data center di Negeri Singa

Telkom dirikan data center di Negeri Singa

Techno.id - Telkom dikabarkan tengah memperluas daerah jangkauan telekomunikasinya. Perusahaan negara tersebut kini tengah membangun sebuah data center di negara tetangga, Singapura melalui entitas anak usahanya Telekomunikasi Indonesia International Pte. Ltd. Singapore (Telin Singapore). Seperti dikabarkan oleh Merdeka (6/6/15), pembangunan ini diresmikan melalui groundbreaking ceremony oleh pemerintah dari kedua negara yaitu Menteri BUMN Indonesia, Rini M. Soemarso dan Senior Minister of State (Trade and Industry), Lee Yi Shyan di Jurong, Singapura.

Dilaporkan, pembangunan Telling Singapore Data Center and Communication Hub adalah salah satu bentuk sinergi regional antara Indonesia dan Singapura. Hal ini ditandai dengan kepercayaan Pemerintah Singapura kepada Telin Singapore untuk membuka data center di Jurong. Data center yang dinamakan Telin-3 ini menjadi data center ketiga yang dimiliki dan dikelola oleh Telin Singapore setelah data center yang berada di Changi dan Tai Seng.

Rencananya, Tellin 3 akan dibangun di atas lahan seluas 8000 meter persegi dengan gross floor area seluas 20.000 meter persegi berupa gedung lima lantai. Data center yang ditargetkan beroperasi pada triwulan ketiga tahun 2016 tersebut diharapkan dapat memperkuat posisi Tellin Singapore sebagai strategic hub bagi Telkom Group yang menghubungkan Indonesia dengan belahan dunia lainnya.

CEO Telkom Group Alex J Sinaga mengatakan, Tellin 3 dirancang untuk memperkuat strategi inisiatif bagi bisnis internasional Telkom Group dan untuk memenuhi permintaan serta kebutuhan layanan data center premium, tidak hanya di Singapura melainkan juga di kawasan regional dan global market.

"Telin-3 merupakan salah satu investasi kami di luar negeri yang sejalan dengan strategi pertumbuhan untuk memperkuat layanan kami dalam rangka menghubungkan mitra bisnis dan pelanggan dalam suatu digital supply chain," ungkap Alex.

Alex menambahkan, kerja sama ini merupakan sebuah pengalaman dan kesempatan yang baik bagi Telkom Group dalam memulai pengembangan data center dan hub telekomunikasi, sehingga mampu mendorong pertumbuhan data creation dan digital business ecosystem untuk menciptakan pertumbuhan kompetitif yang berkelanjutan bagi kita semua dalam industri ICT.

Sementara itu, CEO Tellin Singapore Septika Noegraheni Widyasrini menjelaskan, groundbreaking ceremony Tellin 3 menandai suatu langkah penting bagi Tellin Singapore.

"Ini merupakan kerjasama yang kedua Telin Singapore dengan EDB, iDA, dan JTC setelah investasi fasilitas pertama kami di Changi. Telkom Group telah berinvestasi selama beberapa tahun belakangan ini untuk membangun dan memperoleh aset strategis, kini kami akan segera memiliki infrastruktur terbaru dengan selesainya pembangunan Telin-3," jelas Septika.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan penyedia jaringan terluas dan terbesar di Indonesia, Telkom terus berkomitmen untuk mengalokasikan resource-nya dengan memberdayakan infrastruktur dan network yang dimiliki. Melalui Tellin selaku anak usaha yang berfungsi sebagai perpanjangan tangan dalam menjalankan bisnis internasional, Telkom hadir melalui footprint di sepuluh negara, salah satunya di Singapura.

(brl/red)