XL berjanji akan dukung pengembangan potensi wilayah NTB

XL berjanji akan dukung pengembangan potensi wilayah NTB

Techno.id - Provider terbesar kedua di Indonesia, XL, mengungkapkan bahwa mereka akan berkomitmen untuk terus mendukung Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk mengembangkan potensi berbagai wilayah daerah tersebut melalui pengembangan jaringan telekomunikasi. Dodyk Supriyono, General Manager Sales XL Bali-Nusa Tenggara (Nusra) menyampaikan bahwa untuk mendukung hal tersebut pihaknya akan melakukan modernisasi infrastruktur telekomunikasi atau "Base Transceiver Station" (BTS) 2G di seluruh pulau Lombok.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan baik untuk layanan pesan singkat (sms) , suara dan data.Dukungan tersebut diwujudkan XL untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan sehari-harimasyarakat setempat," jelas Dodyk seperti dikutip dari Antara (5/6/15).

Lebih lanjut, Dodyk mengungkapkan bahwa PT XL Axiata, Tbk akan terus berusaha untuk memperluas layanan jaringan 4G di Indonesia, termasuk di Kota Mataram, NTB, yang direncanakan akan beroperasi pada awal Juli 2015. Di NTB pada khususnya, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi NTB dalam hal penyediaan fasilitas "website" bagi panti asuhan, rumah yatim, dan membantu pengembangan bisnis "online" melalui elevania bagi masyarakat di Pulau Lombok.

Untuk penyediaan fasilitas "website" akan diawali terlebih dahulu dengan proyek percontohan di Kota Mataram dan di ibukota kabupaten yang ada di Pulau Lombok. Tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam menyalurkan zakat, memberikan sedekah serta bagi anak-anak panti dapat belajar bagaimana membangun "website".

XL juga akan menyiapkan pengajaran mengenai internet sehat dan mendorong masyarakat untuk dapat menyediakan konten-konten yang positif. Bahkan, XL juga berencana akan memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai bagaimana masyarakat dapat memanfaatkan akses menjalankan bisnis "online", sehingga bisa mendorong munculnya para wirausahawan-wirausahawan baru.Dodyk juga menambahkan, pihaknya berharap melalui kerja sama ini dapat membantu Pemerintah Provinsi NTB dalammengembangkan berbagai potensi perekonomian yang ada.

Secara umum NTB adalah salah satu daerah yang sangat penting bagi XL, di mana jumlah pelanggan XL lebih dari 90persen.NTB juga merupakan daerah dengan infrastruktur jaringan terbaik, di mana jaringan "backbone" XL melintasi daerah inidan tersambung dengan jaringan utama ke seluruh pulau-pulau utama lainnya."Terdapat sedikitnya lebih dari 1600 BTS XL di seluruh NTB, sebanyak 600 unit di antaranya adalah BTS 3G," tutupnya.

(brl/red)